Hiburan Jum'at, 02 Desember 2022 | 10:12

Album Solo Perdana RM BTS, Indigo Resmi Dirilis

Lihat Foto Album Solo Perdana RM BTS, Indigo Resmi Dirilis RM BTS. (Foto: Big Hit Music)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Pemimpin grup boyband K-Pop Bangtan Sonyeondan (BTS), RM resmi merilis album debut solonya berjudul Indigo, pada Jumat siang, 2 Desember 2022. Proyek musik ini, menjadi kelanjutan dari mixtape miliknya, Mono.

Laman Yonhap melaporkan, pihak Big Hit Music selaku agensi BTS mengatakan bahwa album Indigo merupakan proyek yang telah dikerjakan RM sejak empat tahun lalu, saat ia merilis mixtape Mono pada Oktober 2018.

"RM memasukkan perasaan jujur, kekhawatiran, dan berbagai pemikiran lainnya di `Indigo`," kata Big Hit Music, dikutip Opsi pada Jumat, 2 Desember 2022.

Dalam penggarapan karya ini, RM memimpin seluruh proses produksi mulai dari penulisan, penyusunan semua lagu hingga konsep album, desain, komposisi dan perencanaan video musik.

Rapper grup boyband BTS ini memilih indigo yakni kontras dengan proyek sebelumnya "mono", dan memasukkannya ke dalam album baru untuk mengekspresikan kecenderungan dan pemikirannya yang berubah.

RM BTS. (Foto: Big Hit Music)

Sebelum perilisan album ini, RM sempat meluncurkan foto konsep untuk karya ini di akun media sosialnya pada pekan lalu.

Foto-foto itu menunjukkan RM, dalam pakaian denim dengan sebuah karya seni, di mana lukisan berjudul Blue karya pelukis Korea Yoon Hyung-geun digantung. Yoon dikenal sebagai salah satu seniman favorit sang rapper.

"Album ini seperti pameran yang dikurasi sendiri. Aku bisa memadukan musik dan bahasa yang dekat dengan hatiku saat ini dengan lebih berani dan jujur," tutur RM.

Album solo milik RM ini memuat total 10 lagu termasuk single utama berjudul Wild Flower, All Day, dan Closer.

Sejumlah musisi ikut berpartisipasi sebagai artis unggulan dan produser untuk lagu tersebut, termasuk Cho Yu-jin, vokalis dari band campuran K-pop Cheery Filter, dan DOCSKIM, seorang kibordis sesi dan produser dari Seo Taiji Band.

Baca juga: RM BTS Luncurkan Album Solo Berjudul Indigo Sebelum Wajib Militer

Baca juga: Minho SHINee Luncurkan Album Solo Perdana Bertajuk Chase

Selain itu, album ini juga menampilkan Erykah Badu, Anderson .Paak, Tablo dari trio hip-hop Korea Selatan Epik High dan penyanyi-penulis lagu Inggris Mahalia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya