News Jum'at, 25 Oktober 2024 | 20:10

AMD Ryzen AI 300 Series: Prosesor Generasi Baru dengan Performa AI Terbaik

Lihat Foto AMD Ryzen AI 300 Series: Prosesor Generasi Baru dengan Performa AI Terbaik Peluncuran AMD Ryzen AI 300 Series di Makassar, Jumat 25 Oktober 2024. (Foto: Rio)
Editor: Rio Anthony

Makassar - Teknologi kecerdasan buatan (AI) semakin berkembang di Indonesia, seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet yang mencapai 213 juta pada 2023, atau sekitar 77 persen dari total populasi. Pertumbuhan ini didorong oleh startup-startup yang menggunakan AI untuk mendukung aktivitas bisnis mereka.

AMD Indonesia memperkenalkan prosesor terbaru, AMD Ryzen™ AI 300 Series, yang dilengkapi Neural Processor Unit (NPU) terkuat di dunia untuk PC generasi AI berikutnya.

Acara bertajuk ‘Advancing Tomorrow with AMD Ryzen™ AI 300 Series Processor’ ini bertujuan mengedukasi dan memperkenalkan fitur terbaru yang meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengguna.

Armawati Cen, Consumer Business Development AMD Indonesia, menjelaskan bahwa perkembangan AI mendorong AMD untuk terus berinovasi. Teknologi CPU, GPU, dan NPU dalam prosesor AMD Ryzen™ AI ini memberikan efisiensi daya terbaik dan menghadirkan pengalaman kerja yang lebih produktif.

AMD Ryzen™ AI 300 Series menghadirkan performa optimal dalam berbagai aktivitas, mulai dari video, pembuatan konten, produktivitas, hingga gaming.

Teknologi ini memungkinkan CPU dan GPU bebas dari beban kerja AI, sehingga aktivitas komputasi lainnya dapat berjalan lebih lancar.

Selain itu, AMD Ryzen™ AI memungkinkan pemrosesan AI dilakukan secara lokal tanpa perlu terhubung ke server eksternal, memberikan keamanan dan kenyamanan lebih bagi pengguna.

Teknologi yang diusung termasuk AMD Ryzen™ AI Station dan AI Photobooth, yang memperkaya pengalaman pengguna laptop.

Menurut Armawati, acara ini merupakan kesempatan bagi AMD untuk memperkenalkan solusi komputasi berbasis AI yang dapat mendukung kebutuhan laptop dalam aktivitas sehari-hari.

Pengguna dapat merasakan komputasi yang lebih efisien dan performa yang mengesankan dengan AMD Ryzen™ AI 300 Series.

AMD Ryzen™ AI 300 Series dilengkapi APU tercepat dan NPU paling bertenaga di dunia dengan performa 50 TOPS, serta NPU block floating point pertama yang mampu menggandakan performa aplikasi 16-bit tanpa mengurangi akurasi.

Ini memungkinkan pengalaman komputasi AI yang unggul pada laptop ultrathin dan premium.

Prosesor ini dibangun pada arsitektur AMD XDNA™ 2 baru, yang memberikan performa mesin AI tiga kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya.

Dengan arsitektur ini, prosesor mampu menangani beban kerja AI lokal secara efisien untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengguna.

Dibekali hingga 12 core dan 24 multithread dengan arsitektur “Zen 5” dan “Zen 5C”, prosesor ini juga memiliki L3 cache 50% lebih besar dibandingkan generasi “Zen 4”.

Teknologi ini menghasilkan performa optimal untuk laptop ultrathin yang dapat diandalkan dalam berbagai kebutuhan.

Dukungan grafis AMD Radeon™ 800M Series terbaru dengan arsitektur RDNA 3.5 memungkinkan prosesor ini memberikan framerate yang halus untuk pengalaman gaming AAA yang lebih baik.

Ini menjadi pilihan tepat bagi pengguna yang membutuhkan performa kuat dengan efisiensi daya maksimal.

Donnie Brahmandhika, Retail and Product Enablement Manager AMD Indonesia, menyebut AMD Ryzen™ AI 300 Series sebagai pilihan ideal bagi pengguna yang menginginkan komputasi efisien dengan performa optimal, baik untuk produktivitas, pembuatan konten, maupun gaming.

AMD juga memperluas jangkauannya dengan mengadakan acara serupa di kota-kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta, Yogyakarta, Makassar, dan segera di Medan serta Surabaya, untuk memperkenalkan produk ini lebih dekat kepada mitra, komunitas, dan pengguna. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya