News Rabu, 30 November 2022 | 19:11

Andi Gani Beberkan Bursa Cawapres Musra Asia Timur: Nama Baru Gibran Rakabuming

Lihat Foto Andi Gani Beberkan Bursa Cawapres Musra Asia Timur: Nama Baru Gibran Rakabuming Ketua Dewan Pengarah Musra Andi Gani Nena Wea. (Foto: Opsi/Fernandho Pasaribu)

Jakarta - Hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia membeberkan nama baru yang masuk bursa calon wakil presiden (Cawapres), yakni Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Dewan Pengarah Musra Andi Gani Nena Wea mengatakan hasil itu didapat dari Musra Asia Timur yang berlangsung di Hongkong pada Minggu, 27 November 2022 lalu.

"Nama baru muncul, Gibran Rakabuming Raka. Munculnya di Hongkong 2,62 persen," kata Andi Gani Nena Wea saat konferensi pers di Jakarta, Rabu, 30 November 2022.

Dia mengungkapkan, Musra Asia Timur tersebut digelar secara hybrid dan diikuti sebanyak 916 peserta.

Para peserta yang terdiri dari diaspora Indonesia itu bukan hanya yang berada di Hongkong.

Namun, diaspora yang berada di Macau, dan Taipei juga turut meramaikan kegiatan tersebut.

"Ini bukan hanya yang ada di Hongkong ya, tapi juga diaspora Indonesia yang ada Hongkong, Macau, dan Taipei," ujarnya.

Menurut hasil Musra, Cawapres yang berada pada posisi pertama ditempati Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dengan 154 suara atau 16,81 persen.

Posisi kedua ada Menko Polhukam Mahfud MD dengan perolehan 133 suara atau 14,52 persen dan disusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 116 suara atau 12,66 persen.

Kemudian, Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid dengan 104 pemilih atau 11,35 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendapat 92 suara atau 10,05 persen.

Posisi berikutnya ditempati Menteri BUMN Erick Thohir dengan 85 suara atau 9,28 persen dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dengan 77 suara atau 8,41 persen.

Tak hanya itu, nama Yenny Wahid juga muncul dengan 51 suara atau 5,57 persen, dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dengan 32 suara atau 3,49 persen.

Baca juga: Ganjar Menang Telak di Musra V - Prabowo Musra VI, Ini Kriteria Capres Pilihan Rakyat

Baca juga: Hasil Musra Bisa Jadi Map untuk Parpol, Panel Barus: Bertarung Secara Fair di 2024

Sementara, Gibran Rakabuming berada pada posisi kesepuluh dengan perolehan 24 suara atau 2,62 persen.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya