News Rabu, 02 Maret 2022 | 14:03

Anggota DPR Asal Aceh Sarankan Menag Yaqut Tobat Nasuhah

Lihat Foto Anggota DPR Asal Aceh Sarankan Menag Yaqut Tobat Nasuhah Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (foto: ist).

Aceh Barat Daya - Anggota Komisi X DPR RI asal Aceh dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Hj. Illiza Sa’aduddin Jamal menyarankan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas harus melakukan tobat nasuhah.

Dia pun meminta Menag Yaqut segara meminta maaf kepada seluruh umat Islam di Indonesia atas kegaduhan yang dibuatnya usai diduga menganalogikan suara azan dengan gonggongan anjing.

"Mungkin Menteri (Yaqut) bener-benar harus meminta maaf kepada seluruh umat Islam dan kemudian harus bermuhasabah diri, harus bertaubatan nasuha," kata Hj. Illiza Sa’aduddin Jamal saat diwawancarai reporter Opsi di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu, 2 Maret 2022.

Baca juga: Aksi Bela Islam Copot Menag Yaqut Digelar Kamis Besok di Abdya Aceh

Diketahui, Hj. Illiza Sa’aduddin datang ke Kabupaten Abdya bersama rombongan dalam rangka Musyawarah Cabang (Muscab) PPP Abdya. Giat ini berlangsung di aula penginapan Kana Pakat.

Anggota Komisi X DPR RI asal Aceh dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Hj. Illiza Sa’aduddin Jamal. (foto: Opsi/Syamsurizal).

Mantan Wali Kota Banda Aceh ini mengaku menyesalkan apa yang sudah disampaikan oleh Menag menimbulkan keresahan di masyarakat. 

Menurutnya, sangat tidak layak menyandingkan gema suara azan yang merupakan panggilan orang solat dengan gonggongan anjing yang sangat najis di dalam Islam.

"Sangat tidak layak. Tentu ini membawa kemarahan bagi umat Islam juga non muslim," ucapnya.

Baca juga: PA 212 Siapkan Aksi Bela Islam Berjilid-jilid Sampai Menag Yaqut Dipenjara

Dia mengeklaim, tidak hanya umat Islam saja yang menentang pernyataan Menag Yaqut, melainkan non muslim juga keberatan.

"Tidak ada yang senang kalau misalnya persoalan ketinggian azan yang meninggikan nama Allah SWT untuk mengajak beribadah disandingkan dengan suara hewan najis," timpal Illiza lagi.

Seperti diketahui, sejumlah organisasi Islam di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan menggelar Aksi Bela Islam pada Kamis, 3 Maret 2022. Aksi ini masih berkaitan dengan pernyataan Menag Yaqut yang diduga menganalogikan suara azan dengan gonggongan anjing.

Koordinator lapangan Aksi Bela Islam Abdya, Julinardi membenarkan pada Kamis esok akan ada aksi dari sejumlah pengurus organisasi Islam Abdya. Selain pengurus ormas, turut serta juga masyarakat umum yang ingin menyuarakan aspirasinya terhadap Menag Yaqut. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya