News Rabu, 16 November 2022 | 16:11

Anggota DPR Soal RUU Ekonomi Syariah: Diharapkan Menjadi Payung Hukum yang Menguatkan

Lihat Foto Anggota DPR Soal RUU Ekonomi Syariah: Diharapkan Menjadi Payung Hukum yang Menguatkan Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PKS, Anis Byarwati. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PKS, Anis Byarwati mengungkapkan bahwa ekonomi syariah membutuhkan satu payung hukum yang dapat menguatkan sistem ekonomi syariah di Indonesia.

Anis menyampaikan hal tersebut dalam diskusi publik mengenai RUU Ekonomi Syariah Masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) yang diadakan oleh Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI), Minggu, 13 November 2022.

"Undang-undang Ekonomi Syariah diharapkan dapat menjadi payung hukum yang menguatkan undang-undang terkait sektor ekonomi syariah yang sudah ada sebelumnya," kata Anis seperti mengutip keterangannya, Rabu, 16 November 2022.

Menurutnya, pengaturan sektor ekonomi syariah di Indonesia masih membutuhkan dasar hukum yang kuat sebagai landasan pengaturan yang jelas dalam perkembangan ekonomi syariah.

Dia menjelaskan bahwa stakeholders ekonomi syariah membutuhkan kelengkapan undang-undang ekonomi syariah dengan empat fungsi.

Keempat fungsi tersebut adalah menciptakan kepastian hukum, mendudukkan posisi ekonomi syariah dalam konteks pembangunan dan perekonomian nasional, mendorong kontribusi ekonomi syariah di Indonesia, serta menjawab kebutuhan perkembangan ekonomi syariah yang pesat.

Ketua DPP PKS Bidang Ekonomi dan Keuangan ini juga menegaskan bahwa secara substansi, RUU mengenai ekonomi syariah ini penting sebagai bagian dari upaya untuk mengejawantahkan Pasal 33 UUD Negara Republik Indonesia 1945.

Ia mengatakan, hal itu penting dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Namun demikian, dia mengingatkan bahwa perjuangan RUU Ekonomi Syariah dalam Prolegnas masih panjang.

"RUU ini membutuhkan dukungan dari berbagai stakeholders dan pakar-pakar ekonomi. Serta pengawalan yang intensif pada setiap tahapnya," ucap Anis Byarwati.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya