Daerah Senin, 30 Mei 2022 | 10:05

Angin Puting Beliung Rusak 60 Rumah di Deli Serdang, 2 Warga Luka

Lihat Foto Angin Puting Beliung Rusak 60 Rumah di Deli Serdang, 2 Warga Luka Warga mengamati bagian atap rumah yang rusak dihantam angin puting beliung di Desa Pasar Miring, Kecamatan Pagar Merbau, Deli Serdang. (Foto: Istimewa)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Andi Nasution

Deli Serdang - Sebanyak 60 unit rumah di Desa Pasar Miring, Kecamatan Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, rusak dihantam angin puting beliung pada Sabtu, 28 Mei 2022.

Selain merusak rumah, dua warga juga mengalami luka karena tertimpa bangunan rumah. Adapun dua warga di Dusun Pasar 7 yang mengalami luka, yakni Agus prayogi (21) dan Riyan Syahputra (13).

Camat Pagar Merbau, Suparjo mengatakan peristiwa itu terjadi di Desa Pasar Miring pada Sabtu sekitar pukul 16.00 WIB, usai wilayahnya dilanda hujan es disertai angin kencang.

"Hujan disertai butiran es dan angin kencang yang terjadi, menyebabkan 60 rumah warga di enam dusun di desa tersebut mengalami kerusakan, dengan rincian di Dusun ABRI ada 25 unit rumah rusak di antaranya 11 rusak berat, empat rusak sedang, dan 10 rusak ringan," kata Suparjo, Minggu 29 Mei 2022.

Selain itu, kata dia, di dusun tersebut ada delapan rumah rusak, enam di antaranya rusak berat, dan dua lainnya rusak ringan.

Kemudian di Dusun Gotong Royong, dua rusak berat, dan empat rusak ringan. Di Dusun Makmur ada satu rumah warga rusak berat.

Selanjutnya, di Dusun Sempurna terdapat satu rumah warga rusak ringan. Terakhir di Dusun Pringgan, ada delapan unit rumah yang mengalami rusak berat, rusak sedang empat unit, dan ringan tujuh unit.

Untuk kerugian materil, tambahnya, ditaksir mencapai Rp 2 miliar, karena terdapat juga usaha ternak ayam boiler sebanyak 4 ribu ekor siap panen yang kandangnya rata dengan tanah.

Sedangkan dua warga yang menjadi korban karena luka tertimpa bangunan rumah di Dusun Pasar 7, yakni Agus Prayogi (21) dan Riyan Syahputra (13), sama-sama mengalami luka ringan.

"Kita pemerintah setempat sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk penanggulangan kejadian tersebut," ucapnya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya