Daerah Jum'at, 29 April 2022 | 14:04

Angin Puting Beliung Terjang Puluhan Rumah di Musi Rawas Sumatra Selatan

Lihat Foto Angin Puting Beliung Terjang Puluhan Rumah di Musi Rawas Sumatra Selatan Angin puting beliung disertai dengan hujan intensitas tinggi menerjang Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan pada Kamis, 28 April 2022 pukul 15.30 WIB. (Foto: BNPB)
Editor: Tigor Munte

Musi Rawas - Angin puting beliung disertai dengan hujan intensitas tinggi menerjang Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan pada Kamis, 28 April 2022 pukul 15.30 WIB. Puluhan rumah mengalami kerusakan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel melaporkan, secara rinci sebanyak 23 rumah rusak berat, dan 59 unit lainnya rusak ringan. 

Rumah-rumah tersebut pada umumnya berada di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Muara Beliti dan Kecamatan Tuah Negeri. 

Selain itu dilaporkan juga satu unit fasilitas kesehatan dan enam unit perkantoran juga mengalami kerusakan.

Dari laporan visual, terlihat beberapa atap rumah juga perkantoran terlepas dan terjatuh. Beberapa pohon juga dilaporkan tumbang diterjang angin kencang.

Baca juga:

BMKG: Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang Melanda Wilayah Sulbar Besok

Petugas langsung turun ke lokasi setelah kejadian. Dilakukan pendataan dampak bencana hidrometeorologi tersebut. Dilakukan juga pembersihan puing-puing akibat angin kencang dimaksud.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Provinsi Sumatra Selatan, hingga Sabtu, 30 April 2022, berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

BNPB mengimbau pemerintah daerah khususnya BPBD untuk memantau secara berkala informasi dan peringatan dini cuaca serta meneruskannya kepada masyarakat. 

Masyarakat pun diimbau untuk menghindari pohon, tiang, dan benda berpotensi tumbang lainnya bila terjadi hujan disertai angin kencang. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya