News Senin, 14 Maret 2022 | 07:03

Anies Bawa Tanah Kampung Akuarium ke IKN Nusantara

Lihat Foto Anies Bawa Tanah Kampung Akuarium ke IKN Nusantara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (foto: Twitter).

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membawa tanah dari Kampung Akuarium, Jakarta Utara (Jakut) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Anies meyakini tanah dari Kampung Akuarium menjadi harapan baru bagi kebahagiaan dan kemajuan bagi seluruh rakyat.

"Tanah dari Kampung Akuarium menghadirkan harapan bahwa pembangunan kota baru yang akan dijadikan ibu kota ini hendaknya tidak memarjinalkan rakyat kecil dan justru nyata-nyata akan memberikan kemajuan dan kebahagiaan bagi semua, khususnya rakyat kebanyakan," kata Anies melalui akun Twitter-nya seperti dilihat, Senin, 14 Maret 2022.

Baca jugaGubernur Se-Indonesia Diminta Bawa Air dan Tanah Saat Presiden Jokowi Kemah di IKN

Unggahan ini disertai oleh video sejumlah warga tengah mencangkul tanah berlatar Kampung Susun Akuarium. Mereka mengumpulkan tanah dan dimasukkan ke dalam keranjang.

Anies mengaku ditugaskan membawa air dan tanah Jakarta ke IKN Nusantara.

"Pagi ini, rakyat kebanyakan yaitu ibu-ibu warga Kampung Akuarium, di pesisir Jakarta Utara mencangkul dan mengumpulkan tanah untuk dibawa oleh Gubernur DKI Jakarta ke IKN. Setiap gubernur ditugaskan untuk membawa tanah dan air dari provinsinya. Pada hari Minggu siang ini semua, bersama-sama ke Kalimantan Timur," katanya.

Anies meyakini kembalinya kehidupan masyarakat di Kampung Akuarium menjadi simbol dalam menghadirkan cita-cita dasar para pendiri bangsa, yaitu melindungi setiap tumpah darah dan menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Tanah yang dicangkul oleh para Ibu ini diantarkan ke lahan yang kelak akan dibangun kota baru, yang kelak menjadi ibu kota, yang diharapkan jadi kota yang mencerminkan cita-cita mendasar atas republik ini," katanya.

Seperti diketahui, seluruh gubernur di Indonesia diundang oleh Presiden Jokowi datang ke titik nol IKN Nusantara. Mereka juga diminta membawa air dan tanah dari daerah masing-masing.

Di titik nol IKN akan digelar ritual Kendi Nusantara, yang mana kendi tersebut menyimpan seluruh air dan tanah yang dibawa oleh para gubernur dari daerah masing-masing. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya