Hiburan Senin, 12 September 2022 | 20:09

Animasi Mangkuk Ayam Jago Lampang Nongol di Google Doodle

Lihat Foto Animasi Mangkuk Ayam Jago Lampang Nongol di Google Doodle Gambar Mangkuk Ayam Jago Lampang alias Lampang Rooster Bowl di Google Doodle. (Foto: Google)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Perusahaan teknologi Google, menjadikan Mangkuk Ayam Jago Lampang alias Lampang Rooster Bowl yang ikonik sebagai animasi di Google Doodle, pada Senin, 12 September 2022.

Alhasil, kata kunci Mangkuk Ayam Jago sukses menjadi trending di pencarian Google dengan 160 ribu lebih penelusuran yang dilakukan oleh warganet alias netizen Indonesia.

Pada laman pencarian, Google Doodle menampilkan gambar Mangkuk Ayam Jago dalam bentuk animasi. Gambar mangkuk, nampak bergerak terus menerus, sementara gambar ayam jago seolah tengah berlari.

Mengutip informasi yang ada pada laman Google Doodle, kemunculan Mangkuk Ayam Jago Lampang alias Lampang Rooster Bowl di laman pencarian Google dilakukan dalam rangka memperingati pendaftaran mangkuk asal Thailand itu sebagai produk Indikasi Geografis Lampang pada hari ini di tahun 2013.

"Cock-a-Doodle-Do! Doodle hari ini merayakan Lampang Rooster Bowl yang ikonik, desain peralatan makan tradisional yang menampilkan ayam jantan berekor hitam dengan bunga peony dan daun pisang," demikian kata Google Doodle, dikutip Opsi pada Senin, 12 September 2022.

"Peralatan dapur tahan lama ini sangat populer di Asia sehingga pemerintah Thailand mendaftarkan mangkuk ayam sebagai produk Indikasi Geografis Lampang pada hari ini di tahun 2013. Ini berarti hukum perdagangan internasional menegaskan kualitas dan reputasi mangkuk ayam yang dibuat di wilayah tersebut!" katanya.

Gambar Mangkuk Ayam Jago Lampang alias Lampang Rooster Bowl di Google Doodle. (Foto: Google)

Mangkuk ayam dengan gambar khas itu, diimpor ke Thailand dari Cina. Dalam karya seni aslinya, ayam jago melambangkan kerja keras sedangkan daun pisang dan peony merah melambangkan mimpi keberuntungan.

Pada tahun 1957, para pengusaha membuka banyak pabrik peralatan dapur ayam jago di provinsi Lampang, Thailand. Wilayah itu, yang penuh dengan mineral lempung, lebih cocok untuk pembuatan keramik.

Saat Lampang mulai memproduksi peralatan makan secara massal dengan desain ayam jantan, mangkuk tersebut menjadi salah satu produk terlaris di kawasan ini—membawa stabilitas keuangan dan kebebasan bagi penduduk lokal Lampang.

Meskipun Lampang terus memproduksi mangkuk ayam hingga saat ini, hanya sedikit pabrik yang mampu mendesain mangkuk ayam sesuai dengan gaya dan bahan tradisional, menyebabkan mangkuk ayam asli yang dilukis dengan tangan menjadi barang koleksi langka.

Baca juga: Mengenal Sandiah Ibu Kasur lewat Google Doodle

Baca juga: Tahun Baru 2022, Google Doodle Sajikan Ilustrasi New Year`s Eve

"Pastikan untuk memeriksa lemari dapur Anda untuk mangkuk ayam jago vintage — mereka mungkin membawa keberuntungan bagi keluarga Anda!" kata keterangan di laman Google Doodle. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya