News Selasa, 07 November 2023 | 20:11

Anis Berharap Fungsi BRI Link Ditingkatkan: Untuk Kebaikan Masyarakat Indonesia

Lihat Foto Anis Berharap Fungsi BRI Link Ditingkatkan: Untuk Kebaikan Masyarakat Indonesia Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bidang Ekonomi dan Keuangan, Anis Byarwati. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Anggota Komisi XI DPR RI, Anis Byarwati mengapresiasi capaian Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk, Sunarso sebagai CEO terbaik atau CEO of The Year dari majalah FinanceAsia, Hong Kong.

Demikian disampaikan Anis saat Komisi XI bersama BRI menggelar focus group discussion (FGD) di Gedung BRI 1, Jakarta Pusat, Kamis, 2 November 2023.

Pada kesempatan itu, Anis juga mengapresiasi peran penting BRI pada segmen UMKM yang diakui di Indonesia dan dunia.

Legislator Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu berpandangan, saat ini tidak ada satu pun lembaga perbankan dunia yang bisa sesukses BRI di segmen UMKM.

"Prof. Jay K. Rosengard dari Harvard Kennedy School juga mengakui peran BRI terhadap UMKM. Jadi lembaga perbankan dunia lain yang mencoba masuk ke segmen UMKM, tidak ada yang sesukses BRI. Upaya BRI untuk mensejahterakan UMKM patut kita dukung dan kita apresiasi," kata Anis seperti mengutip keterangannya, Selasa, 7 November 2023.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI ini juga merespons positif tentang adanya BRI Link yang sangat membantu di pelosok-pelosok daerah Indonesia.

"Orang yang bekerja di Jakarta namun kampungnya di pelosok Sukabumi dapat mengirim gajinya untuk keluarganya di kampung melalui agen BRI Link. Warga kampung di Sukabumi merasa sangat terbantu dengan BRI Link," ujarnya.

Ketua DPP PKS Bidang Ekonomi dan Keuangan ini berharap agar BRI dapat membantu masyarakat yang membutuhkan pinjaman dana untuk menghapuskan ketergantungan masyarakat terhadap praktik rentenir.

Ia berpendapat, BRI melalui BRI Link dapat melakukan fungsi peer to peer lending yang dekat kepada masyarakat.

Selain untuk memberdayakan UMKM, lanjutnya, juga dapat membantu masyarakat jika membutuhkan pinjaman segera agar lebih dekat dan mudah.

Dengan adanya fungsi BRI Link yang lebih ditingkatkan, kata dia, maka selain layanan transfer kelak dapat juga memberikan bantuan pinjaman yang dilengkapi dengan perangkat infrastruktur dan prosedur yang diperlukan.

Dengan hal itu, sambungnya, masyarakat akan lebih terbantu di samping adanya fasilitas lain seperti koperasi. Hanya saja, koperasi belum menjangkau pelosok seperti BRI Link.

"Semoga BRI Link dapat ditingkatkan lagi fungsinya untuk kebaikan masyarakat Indonesia," ucap Anis Byarwati.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya