News Selasa, 26 Desember 2023 | 21:12

Apresiasi Fungsi Pengawasan Polri, GMKI: Kontribusi Positif untuk Ketertiban dan Keamanan

Lihat Foto Apresiasi Fungsi Pengawasan Polri, GMKI: Kontribusi Positif untuk Ketertiban dan Keamanan GMKI Jefri Gultom

Jakarta - Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) mengapresiasi tinggi terhadap kinerja Polri dalam melaksanakan fungsi pengawasan, sebagai wujud komitmen dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

Ketua Umum PP GMKI, Jefri Edi Irawan Gultom, menekankan peran penting Polri dalam menjaga keamanan dan menegakkan hukum di tengah kompleksitas tugas dan tantangan yang dihadapi. 

"Kami mengapresiasi dedikasi dan upaya Polri, terutama dalam tahap fungsi pengawasan yang konsisten dilaksanakan untuk memastikan pelaksanaan tugas yang efektif dan sesuai dengan rencana," ujar Jefri dalam keterangannya, Selasa, 26 Desember 2023.

GMKI berpandangan bahwa kompleksnya tugas Polri, yang tidak hanya mencakup penegakan hukum (Gakkum), tetapi juga pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), serta perlindungan, pelayanan, dan pengayoman (Linyanyom) kepada masyarakat. 

Implementasi pengawasan melekat, sebagaimana diatur dalam Perkap Nomor 2 Tahun 2022, menjadi langkah strategis yang membantu memastikan berjalannya proses, hasil, dan evaluasi sesuai dengan rencana.

Lebih lanjut, GMKI menilai upaya Polri untuk menerapkan pengawasan melekat mencerminkan komitmen untuk menjaga profesionalitas dan kualitas pelayanan. 

"Fungsi pengawasan yang dijalankan dengan baik dapat membantu mencegah dan menindaklanjuti pelanggaran, menjaga integritas institusi, dan membangun kepercayaan masyarakat," ujarnya.

Melalui hasil survei tatap muka kepada masyarakat, GMKI melihat bahwa kinerja Polri mendapat apresiasi tinggi, dengan lebih dari 87,8 persen responden menyatakan kepuasan terhadap pelayanan dan upaya menjaga keamanan. 

Selain itu, GMKI juga mengakui kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam mendengarkan masukan, pengaduan masyarakat melalui berbagai saluran, termasuk aplikasi daring seperti Dumas Presisi, Whatsapp Yanduan, dan E-Wasidik, sebagai langkah positif.

Kendati demikian, GMKI tetap mendorong Polri untuk terus melakukan pembenahan, terutama dalam mengintegrasikan pemantauan dan evaluasi dengan teknologi digital yang lebih canggih. 

Peningkatan transparansi proses pengaduan, respons yang lebih cepat, dan kemudahan akses bagi masyarakat menjadi aspek yang perlu diperhatikan lebih lanjut.

"Kita berharap Polri terus memperkuat sumber daya manusia, manajerial, dan organisasionalnya, serta menjaga komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," tukas alumni Universitas Indonesia ini.

"Apresiasi GMKI terhadap kinerja Polri adalah bentuk dukungan terhadap upaya-upaya positif yang telah dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di tanah air apalagi menjelang pemilu 2024," ucap Jefri Gultom.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya