News Minggu, 08 Mei 2022 | 13:05

Arus Balik di Tol Cikatama Meningkat, Skema One Way Kemungkinan Diperpanjang 

Lihat Foto Arus Balik di Tol Cikatama Meningkat, Skema One Way Kemungkinan Diperpanjang  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ketika memantau ruasTol Cikatama, Sabtu. 7 Mei 2022 malam. (Foto: Humas Polri)
Editor: Tigor Munte

Cikampek - Melihat pergerakan arus balik Lebaran 2022 di ruas Tol Cikampek Utama (Cikatama), Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut kemungkinan penerapan rekayasa lalu lintas skema one way.

Hal itu disampaikan Kapolri saat melaksanakan peninjauan dan melakukan rapat untuk mengetahui perkembangan terkait dengan arus balik khususnya pantauan dari Km 70 di Tol Cikatama pada Sabtu, 7 Mei 2022 malam.

Dari pemantauan langsung, volume kendaraan terus mengalami peningkatan. Diprediksi sejak Sabtu malam jumlah kendaraan yang melintas akan mencapai angka 160 ribu per jamnya, dan akan terus meningkat sampai Minggu, 8 Mei 2022.

"Tentunya angka-angka ini menjadi perhatian kami. Kemudian di Kalikangkung kami lihat juga terjadi peningkatan khusus mulai dari jam 15.00, 16.00, 17.00 WIB, angkanya terus naik di atas 5.000," ungkapnya.

Dengan adanya peningkatan volume kendaraan yang signifikan tersebut, Kapolri menyatakan kemungkinan strategi kebijakan lalu lintas skema one way akan diperpanjang waktunya serta ruas jalannya.

Baca juga:

Tinjau Arus Balik di Bakauheni, Kapolri Minta Masyarakat Manfaatkan WFH dan Libur Sekolah

"Nanti secara detail dan teknis akan disampaikan Kakorlantas," katanya. "Karena memang dari angka-angka yang ada one way harus kami tambahkan waktunya. Kemudian khusus untuk one way sampai di Km 28 ataukah sampai di Km 3.500 Halim tentunya akan kami lihat, kami sesuaikan dengan kondisi di lapangan," tambah Kapolri.

Namun dia menegaskan, semua dilakukan dengan memperhatikan situasi dan kondisi, sehingga waktu atau perpanjangan ruas tetap melihat dinamika arus lalu lintas yang berkembang di lapangan.

Kapolri mengimbau masyarakat untuk terus mengupdate informasi terkini soal kebijakan strategi rekayasa lalu lintas yang diterapkan oleh kepolisian untuk mencegah kepadatan serta mengurai kemacetan.

Ia telah meminta kepada seluruh jajarannya untuk terus menyalurkan informasi terbaru soal penanganan arus balik lebaran kepada masyarakat melalui media sosial ataupun media massa.[]

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya