News Jum'at, 17 Maret 2023 | 17:03

Arus Mudik Tahun Ini Diperkirakan 123 Juta, Korlantas Siapkan Manajemen Trafik

Lihat Foto Arus Mudik Tahun Ini Diperkirakan 123 Juta, Korlantas Siapkan Manajemen Trafik Ilsutrasi arus mudik. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Bandung - Informasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan ada kenaikan signifikan arus mudik, dari 85 juta tahun lalu naik menjadi 123 juta tahun ini.

Korps Lalu Lintas Polri pun mempersiapkan strategi untuk mengatasi lonjakan arus mudik tahun 2023 ini.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengingatkan soal pengelolaan arus mudik ini saat rapat koordinasi (rakor) persiapan Operasi Ketupat di Trans Luxury Hotel, Bandung, Jawa Barat, Kamis, 16 Maret 2023.

Pihaknya kata dia, terus menyempurnakan kesiapan-kesiapan pemerintah yang akan menghadapi arus mudik. 

"Informasi dari Dirjen Perhubungan Darat dari 85 juta tahun lalu sekarang jauh meningkat sangat signifikan 123 juta,” katanya.

BACA JUGA: Mudik Gratis Bareng BUMN, Ini Cara Daftar, Syarat dan Rutenya

Kepolisian kata dia, harus sungguh-sungguh menyiapkan sarana dan prasarana melakukan management traffic demi memastikan kelancaran.

Lebih jauh pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Pertamina, PLN, dan instansi kesehatan.

Kesiapan Jalur

Firman kemudian mengungkapkan beberapa catatan terkait kesiapan jalur yang akan dilewati pemudik, khususnya perjalanan ke arah timur dari Jawa Barat hingga Jawa Tengah.

Menurutnya, berdasarkan analisa dan evaluasi arus mudik tahun lalu, untuk ke arah timur wilayah Jawa Barat menuju ke Jawa Tengah akan ada manajemen traffic tersendiri.

BACA JUGA: Infografis: Mudik Gratis Angkutan Lebaran 2023 Bersama Kemenhub

"Karena juga di eksisting ruas jalan Cikampek ke arah timur sudah bertambah satu jalur masing-masing jadi a dan b. Sementara Cipali masih dua, ini bottleneck,” terangnya.

Jalur menuju arah barat, mulai dari Banten hingga lajur penyeberangan ke Pulau Sumatera, dia menyoroti kesiapan dua pelabuhan, yakni Ciwandan dan Merak.

Nantinya akan difungsikan dua pelabuhan yang akan terus dimonitor perkembangannya sesuai dengan hasil anev tahun lalu, yang tersendat di Banten. 

"Tahun ini kita dapat manajemen dan cara bertindak dengan rest area di sepanjang jalan menuju Merak sampai kepada pengaturan fisik bangunan jalan dari mulai Cikuasa atas sampai pintu masuk pelabuhan buffering zone,” pungkasnya. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya