News Rabu, 08 Februari 2023 | 14:02

Arya Sinulingga Bilang F1H20 Danau Toba Jadi Ajang Tontonan Rakyat

Lihat Foto Arya Sinulingga Bilang F1H20 Danau Toba Jadi Ajang Tontonan Rakyat Ilustrasi powerboat. (Foto: Ist)

Jakarta - Staf Khusus III Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengatakan penyelenggaraan F1 Powerboat H20 (F1H20) akan menjadi ajang tontonan bagi rakyat.

Pagelaran ini akan berlangsung di Danau Toba, Sumatera Utara, 25-26 Februari 2023 mendatang.

"Di Danau Toba kami punya `event` yang namanya F1 Powerboat, kalau di Eropa ini tontonannya orang kaya karena adanya di Monaco di mana gitu, di Indonesia jadi tontonan rakyat," kata Arya saat acara Ngopi BUMN dengan topik "Peran BUMN Jelang Event F1 Powerboat H20" di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu, 8 Februari 2023.

Dia mengklaim, tempat untuk menonton ajang F1 Powerboat di Danau Toba, sama menariknya di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Salah satu yang menarik adalah, penonton bisa menikmatinya dari atas bukit.

"Apalagi saya dapat kabar ada teman-teman dari InJourney cerita itu tempat nonton-nya saja rakyat bisa nonton kaya di MotoGP (Sirkuit Mandalika) dari atas sambil sama kerbau sama sapi bisa nonton. Nanti ini juga bakal jadi sebuah `event` yang tadinya jadi orang kaya gitu jadi `event` rakyat," ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan ajang F1H20 ini juga berpotensi menggerakkan ekonomi rakyat dengan melibatkan para usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal.

"Kami maksimalkan bagaimana `event-event` yang ada di Danau Toba ini jadi pendorong UMKM juga, jadi UMKM akan dilibatkan, UMKM lokal akan diutamakan dalam penjualan barang-barangnya. Jadi, ini kami yakin akan menggerakkan ekonomi rakyat," tuturnya.

Selain itu, ajang F1 Powerboat di Danau Toba itu juga bagian dari komitmen pemerintah terkait dengan program pengembangan lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP), salah satunya di Danau Toba.

"Danau Toba ini kan Bali baru juga, kira-kira `event` apa dan ternyata Pak Luhut (Luhut Binsar Pandjaitan/Menko Marves) punya ide besar mencari sesuai Danau Toba, ternyata F1 Powerboat ini juga keren banget dan beliau (Luhut) meminta BUMN Pak Erick Thohir untuk masuk menangani `event` besar ini dan yang mendapat peran besar di sana adalah InJourney untuk melakukannya," ucap Arya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya