News Rabu, 05 Januari 2022 | 08:01

ASEAN Vero Rilis Hasil Riset Gaming dan Esport di Indonesia 2021

Lihat Foto ASEAN Vero Rilis Hasil Riset Gaming dan Esport di Indonesia 2021 Ilustrasi Esport. (Foto: Pixabay)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Agensi komunikasi ASEAN Vero merilis hasil riset mengenai kancah game online dan esport yang tumbuh pesat di Indonesia. Riset dilakukan bekerja sama dengan Decision Lab guna menjelajahi lanskap esports di Tanah Air.

Riset dilakukan terhadap 470 orang Indonesia dengan rentang usia antara 16-41 tahun dengan 3 kategori responden, yakni gamer, watcher dan streamer.

Riset mencakup sejumlah hal, yakni demografi, genre, brand esport utama, hingga selebriti esport.

Dari hasil penelitian tersebut, ditemukan sejumlah fakta menarik mengenai dunia game online dan esport di Indonesia.

Berikut Opsi rangkumkan hasil riset mengenai dunia game online dan esport di Indonesia 2021:

Demografi

Secara umum, komunitas E-sports di Indonesia sebagian besar berada di ibu kota Jakarta, diikuti oleh Surabaya dan Medan, dengan kelompok usia 26-37 tahun.

Sementara dari aspek distribusi gender, Esport di Indonesia masih didominasi oleh pria yakni sebesar 53 persen, sementara wanita sebesar 47 persen.

Esport Genre

Semua responden dari kategori yang berbeda setuju bahwa genre E-sports paling diminati adalah Multiplayer Online Battle Arena (MOBA).

Meski ada sedikit perbedaan dalam preferensi antara Pemain dan Penonton/Streamer karena gamer lebih menyukai game olahraga, sedangkan watcher/streamer tampaknya lebih menikmati game strategi kehidupan nyata.

Adapun Mobile Legend dan PUBG mendominasi kategori sebagai permainan yang paling banyak dimainkan, ditonton, dan dijadikan streaming. 

Brand Esport Utama

Saat ini, brand E-sports yang paling popular di Indonesia adalah GameLoft untuk kategori publisher game ternama dengan prosentase sebesar 78 persen, DuniaGames sebagai platform berita game terpopuler dengan prosentase sebanyak 72 persen.

Kemudian Youtube Gaming untuk kategori platform streaming (84 persen) dan watching (91 persen) paling banyak digunakan.

Selebriti Esports

Responden dari semua kategori setuju bahwa EVOS Esports adalah pemain atau tim paling terkenal di kalangan komunitas, disusul  RRQ diperingkat 2, sementara Jess No Limit memegang gelar sebagai streamer yang paling banyak ditonton. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya