Daerah Jum'at, 27 Mei 2022 | 15:05

Aspirasi Umum Warga Abdya untuk Diperjuangkan Wakil Ketua DPR Aceh

Lihat Foto Aspirasi Umum Warga Abdya untuk Diperjuangkan Wakil Ketua DPR Aceh Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin saat berada di Aceh Barat Daya Foto: Opsi/Syamsurizal.

Aceh Barat Daya - Selama beberapa hari ini melakukan pertemuan di sejumlah tempat dengan beberapa agenda dalam reses, Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin menyimpulkan ada banyak aspirasi masyarakat untuk diperjuangkannya.

Safarruddin mengaku, dirinya turun langsung untuk mendengar keinginan masyarakat terkait beberapa hal yang dinilai menjadi harapan dan bersifat segera. Ini seperti harapan warga yang tinggal di daerah Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk dibangun pengamanan tebing seperti di Sungai Krueng Babahrot, Krueng Baru dan Manggeng.

"Itu merupakan keinginan besar dan harapan dari beberapa desa yang terkena ancaman banjir setiap diguyur hujan," kata Safaruddin di Aceh Barat Daya, Jumat, 27 Mei 2022.

Dia bilang, karena sungai adalah kewenangan provinsi, maka dirinya akan coba memperjuangkan dengan memasukkan penanganan itu dalam APBA ke depannya. Artinya, apakah ini APBA di tahun 2023 atau memungkinkan ada perubahan atau APBA 2024 yang akan datang.

"Saya akan memperjuangkan apa yang menjadi harapan masyarakat, apakah nanti di APBA tahun 2023 atau memungkinkan di perubahan atau APBA 2024 yang akan datang yang penting saya perjuangkan," ucapnya.

Dirinya mengaku, sebagian anggaran Pokok Pikir (Pokir)-nya sudah diperuntukkan untuk hibah ke pembangunan rumah ibadah. Selain itu juga untuk pembangunan rumah duafa yang ada di Kabupaten Abdya atau tanah kelahirannya.

"Angkanya cukup fantastis juga dan ini rupanya masih diinginkan oleh mesjid-mesjid yang lain di kabupaten Abdya ini. Dan insyaallah saya coba akan bantu untuk penganggaran tahun selanjutnya," tuturnya.

Menurutnya, di samping infrastruktur, kepentingan besar masyarakat Abdya adalah pemberdayaan ekonomi seperti membuat industri rumah tangga baru terlebih pascapandemi Covid-19.

"Bahwa arah prioritas perhatian APBA itu lebih ke pemberdayaan ekonomi rumah tangga. Jadi ada menghidupkan UMKM baru agar percepatan pemulihan ekonomi itu bisa berdampak langsung dari pertumbuhan ekonomi Aceh terutama sekali di Kabupaten Abdya," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya