Pilihan Jum'at, 30 September 2022 | 14:09

Atnike Nova Sigiro, Calon Anggota Komnas HAM Ikuti Fit and Proper Test di DPR

Lihat Foto Atnike Nova Sigiro, Calon Anggota Komnas HAM Ikuti Fit and Proper Test di DPR Atnike Nova Sigiro. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Komisi III DPR RI melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap 14 calon anggota Komnas HAM pada Jumat, 30 September 2022.

Salah satu calon yang diuji adalah Atnike Nova Sigiro

Sosok yang akrab disapa Atnike ini, dikenal sebagai aktivis perempuan. Dia merupakan Direktur Jurnal Perempuan.

Atnike berlatar pendidikan S1 di Universitas Indonesia lulus pada tahun 2000, kemudian melanjutkan studi Pascasarjana S2 di University of London pada tahun 2007.

Terakhir dia melanjutkan program Doktor S3 di Universitas Indonesia pada tahun 2018.

Atnike  memiliki dua pengalaman yang ditekuni, yaitu Lecturer at Paramadina Graduate School Of Diplomacy Universitas Paramadina, dan Founder (Units taught: Diplomacy, Human Rights and Environment, Political Economy in Governing the Market, and Diplomacy in ASEAN) and Advisory Board Lokataru Foundation pada tahun 2017.

Sebelumnya, sebanyak 14 calon anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM telah ditetapkan dan diumumkan panitia seleksi pada 23 Agustus 2022 lalu.

Ke-14 kandidat ini kemudian mengikuti tahapan uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI. 

Mereka sebelumnya sudah mengikuti lima tahapan seleksi, yakni administrasi, tes tertulis objektif dan penulisan makalah, dialog publik, psikotes, wawancara dan tes kesehatan. 

Selama periode pendaftaran tercatat pendaftar atau individu yang membuat akun di aplikasi pendaftaran sebanyak 1.536 orang.

Di antara jumlah tersebut, terdapat 112 orang yang melengkapi berkas persyaratan. Dari sisi gender, terdapat 21 pendaftar perempuan dan 91 laki-laki atau sekitar 19 persen kaum perempuan berminat menjadi calon anggota Komnas HAM RI 2022-2027. 

Baca juga:

Ferdy Sambo Diduga Psikopat, Arsul Sani: Tepatkah Pernyataan Ketua Komnas HAM Ini?

Dari jumlah pelamar tersebut terseleksi menjadi 96 orang yang lolos administrasi. Latar belakang pendaftar terdiri dari berbagai bidang, diantaranya petahana Anggota Komnas HAM RI, advokat, aktivis, akademisi, jurnalis, ASN, dan wiraswasta. 

Dalam tahapan akhir yang berlangsung pada 8-9 Agustus 2022, sebanyak 27 calon menjalani pemeriksaan fisik di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta. 

Sedangkan tahapan wawancara yang dilaksanakan terbuka untuk publik diselenggarakan pada 8-11 Agustus 2022 di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta. 

Tahapan wawancara dilakukan tatap muka langsung antara para calon dengan Panitia Seleksi Calon Anggota Komnas HAM RI, yaitu Prof Dr Makarim Wibisono, Kamala Chandrakirana, Prof Dr Harkristuti Harkrisnowo, Prof Dr Azyumardi Azra, dan Dr Ichsan Malik. 

Selain kapasitas dan klarifikasi jejak rekam individu, para peserta menyampaikan motivasi, gagasan, dan strategi terkait perkembangan institusi Komnas HAM di tingkat nasional dan global. 

Berikut 14 calon yang mengikuti fit and proper test di Komisi III:

1. Abdul Haris Semendawai

2. Amiruddin Al Rahab

3. Anis Hidayah

4. Anton Pradjasto Hardojo

5. Atnike Nova Sigiro

6. Beka Ulung Hapsara

7. Chrisbiantoro

8. Hari Kurniawan

9. Prabianto Mukti Wibowo

10.Pramono Ubaid Tanthowi

11.Putu Elvina

12.Rita Selena Kolibonso

13.Saurlin P. Siagian

14.Uli Parulian Sihombing. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya