News Minggu, 13 Februari 2022 | 15:02

Aturan Baru Norwegia: Warga Tak Perlu Pakai Masker dan Tidak Usah Jaga Jarak

Lihat Foto Aturan Baru Norwegia: Warga Tak Perlu Pakai Masker dan Tidak Usah Jaga Jarak Dibanding negara tetangga dan seluruh Eropa, Norwegia tidak mencatat peningkatan kematian Covid-19 (Foto: AFP/ AFPTV)

Jakarta - Norwegia menghapus hampir semua aturan pembatasan Covid-19 yang masih berlaku saat tingkat infeksi tampaknya sudah tidak lagi membahayakan sistem kesehatan, kata Perdana Menteri Jonas Gahr Stoere, dikutip dari Reuters, 13 Februari 2022.

Negara di kawasan Nordik itu, yang mencabut sebagian besar pembatasan pada 1 Februari 2022, akan tetap memberlakukan sejumlah aturan di kepulauan Svalbard.

Aturan baru berlaku mulai Sabtu, 12 Februari 2022 pukul 09.00 GMT (16.00 WIB).

"Kami mencabut hampir semua pembatasan virus corona," kata Stoere pada konferensi pers.

"Pandemi virus corona tidak lagi menjadi ancaman kesehatan yang besar bagi sebagian besar dari kita. Varian Omicron menyebabkan lebih sedikit penyakit parah dan kita terlindungi dengan baik oleh vaksin," ujar dia lagi.

Stoere menekankan, penduduk Norwegia tidak perlu lagi menjaga jarak sedikitnya satu meter atau memakai masker di kerumunan.

Pencabutan aturan itu membuat kelab malam dan tempat hiburan lain dapat membuka kembali bisnis mereka secara penuh.

Selain itu, mereka yang terinfeksi Covid-19 hanya disarankan untuk tetap tinggal di rumah selama empat hari.

Norwegia pada Desember 2021 menerapkan penguncian sebagian wilayah untuk melawan penyebaran varian Omicron yang menular dengan cepat. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya