Daerah Kamis, 29 September 2022 | 13:09

Awal Oktober, Bansos untuk Warga Medan Cair

Lihat Foto Awal Oktober, Bansos untuk Warga Medan Cair Wali Kota Medan, Bobby Nasution saat menghadiri seminar kebangsaan di Hotel Danau Toba Internasional Medan. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Andi Nasution

Medan - Pemko Medan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 31 miliar dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH) yang akan disalurkan mulai awal Oktober ini kepada masyarakat yang terdampak kenaikan harga BBM.

"Menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo, Pemko Medan telah menyiapkan sejumlah program untuk membantu masyarakat yang terdampak kenaikan harga BBM," kata Wali Kota Medan, Bobby Nasution saat menghadiri seminar kebangsaan di Hotel Danau Toba Internasional Medan, Rabu 28 September 2022.

Anggaran Rp 31 miliar itu, jelas Bobby, digunakan untuk membantu 3 kelompok masyarakat yakni nelayan, pengemudi angkutan umum (angkot, becak bermotor dan ojek online) serta pelaku UMKM.

Menurutnya, bantuan sosial (bansos) akan diberikan untuk tiga bulan ke depan yaitu Oktober, November dan Desember 2022.

"Mudah-mudahan bantuan ini sudah dapat kita salurkan mulai 1 Oktober 2022," ujar menantu Presiden Joko Widodo ini.

Selain itu, lanjutnya, Pemko Medan juga akan memberikan subsidi kepada masyarakat pengguna angkot sebesar Rp 1.500 menyusul terjadinya kenaikan tarif menjadi Rp 6.500 pasca kenaikan harga BBM. Dengan adanya subsidi tersebut, maka masyarakat pengguna jasa angkot tetap membayar ongkos Rp 5.000.

"Subsidi ini juga diberikan untuk 3 bulan ke depan. Hal ini dilakukan untuk menekan cost masyarakat yang melakukan kegiatan ekonomi. Mudah-mudahan program ini bisa berjalan dengan baik. Kami mengharapkan doanya, sebab kami harus memastikan program dan kebijakan yang dilakukan ini sampai kepada masyarakat yang membutuhkannya," sebutnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya