Daerah Rabu, 27 April 2022 | 15:04

Baitul Mal Kota Banda Aceh Salur Zakat Konsumtif untuk 4.206 Fakir Miskin

Lihat Foto Baitul Mal Kota Banda Aceh Salur Zakat Konsumtif untuk 4.206 Fakir Miskin Ilustrasi uang. (Foto: Ist)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Baitul Mal Kota Banda Aceh menyalurkan zakat konsumtif untuk 4.206 fakir miskin di wilayah ibu kota Banda Aceh. Ini dilakukan sebagai upaya meringankan beban masyarakat menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah.

"Hari ini penyalurannya, masyarakat fakir miskin diberikan sejumlah uang," kata Aisyah M Ali Komisioner Baitul Mal Kota Banda Aceh, Selasa, 26 April 2022.

Dia menambahkan, pada 2022 ini Baitul Mal Banda Aceh menyalurkan dana zakat sebesar Rp 1,08 miliar untuk masyarakat miskin dengan jumlah penerima 1.801 orang. Kemudian, juga disalurkan Rp 1,9 miliar untuk masyarakat fakir dengan jumlah penerima 2.405 orang.

"Masing-masing penerima manfaat menerima uang tunai sebesar Rp 800 ribu untuk fakir dan Rp 600 ribu untuk miskin. Fakir lebih susah dari miskin karena inilah yang diterima fakir lebih besar," ucapnya.

Selain itu, Baitul Mal Banda Aceh juga menyalurkan langsung ke rumah-rumah warga bagi yang tidak sanggup datang ke kantor desa karena sakit. Hal ini sebagai bentuk pelayanan Baitul Mal dalam menyalurkan zakat.

"Zakat yang disalurkan ini bersumber dari penghasilan pegawai negeri sipil kota setempat serta perniagaan," pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya