Daerah Rabu, 02 November 2022 | 20:11

Balongan Refinery Improvement Inovation Enrichment Forum, Ajang Inovasi Pekerja PT KPI RU VI

Lihat Foto Balongan Refinery Improvement Inovation Enrichment Forum, Ajang Inovasi Pekerja PT KPI RU VI PT KPI menyelenggarakan Balongan Refinery Improvement Inovation Enrichment Forum (BRIEF). (Foto: Opsi/PT KPI)
Editor: Yohanes Charles

Cirebon - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VI Balongan melalui Bagian Quality Management Fungsi Human Capital (HC) mengelar acara pembukaan Balongan Refinery Improvement Inovation Enrichment Forum (BRIEF) Grand Forum Sharing Continuous Improvement Program (CIP) dan Bulan Komet 2022 di Cirebon.

Kegiatan Grand Forum CIP diselenggarakan mulai tanggal 1 - 4 November 2022.

Kegiatan ini merupakan ajang unjuk inisiatif perbaikan, terobosan, dan inovasi yang sudah dikerjakan oleh para Insan Mutu baik Perwira dan Pertiwi Pekerja RU VI untuk mewujudkan operation excellent Kilang RU VI Balongan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Johan NB Nababan.

Dalam sambutannya, Johan menyampaikan pentinganya meningkatkan ownership dan awareness pekerja Pertamina untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap operasi dan kinerja kilang.

“Dengan menjaga dan meningkatkan ownership dan awareness akan memunculkan rasa inovatif bagi perbaikan kilang yang tentunya juga harus dibarengi dengan attitude yang baik sehingga harapannya operation excellent dapat dijalankan dengan baik,”ujar Johan.

“Apresiasi yang tinggi saya berikan atas terkumpulnya 211 risalah inovasi dari perwira dan pertiwi Insan Mutu RU VI Balongan yang melalui inovasi tersebut diproyeksikan akan menghasilkan keuntungan sekitar USD 432 Juta dan potensi efisiensi sebesar USD 800 Juta”, tutup Johan mengakhiri sambutannya.

Di kesempatan yang sama General Manager RU VI mengharapkan agar inovasi dari Insan Mutu RU VI dapat memberikan dampak yang lebih luas secara menyeluruh bagi Bangsa Indonesia.

Dikatakan Diandoro, inovasi sekecil apapun akan memberikan dampak yang baik.

“Semoga melalui ajang CIP 2022 budaya inovasi dapat lebih banyak ditularkan kepada pekerja yang lain,” ungkap Diandoro.

Sementara itu Ketua Umum Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Balongan (SP-PBB) Tri Wahyudi mewakili seluruh pekerja menegaskan bahwa ajang CIP adalah kesempatan yang baik untuk pengembangan pekerja dan perusahaan.

Ia menyampaikan apresiasi yang besar kepada Manajemen atas dukungannya selama ini.

“Insan mutu adalah orang hebat dan dibutuhkan perusahaan. Maka teruslah memberikan yang terbaik karena inovasi yang kita hasilkan akan menjadi legacy kesuksesan kilang RU VI di masa mendatang,” tutup Tri.

Manager HC RU VI Mahardhika Putra dalam laporannya menjelaskan bahwa Grand Forum CIP tahun 2022 menyaring 34 Gugus CIP.

“Tahun ini sebesar 44% Insan Mutu berpartisipasi dalam kegiatan CIP tahun 2022, hal tersebut merupakan jumlah yang besar dan suatu kebanggaan,” ujar Mahardhika.

Mahardhika berharap pencapaian Insan Mutu ditahun 2022 lebih baik dari tahun sebelumnya.

pada agenda pembukaan kegiatan, turut hadir VP RPO Nur Qadim, VP Human Capital Dewi Kurnia Salwa, perwakilan Tim Manajemen serta Insan Mutu RU VI Balongan.

Selain Grand forum CIP, dalam rangka memperingati Bulan Komet 2022 akan diselenggarakan talk show brief yang akan diselenggarakan secara online selama satu bulan penuh di bulan November setiap hari mulai 7 November 2022. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya