News Jum'at, 11 November 2022 | 12:11

Bandara BIJB Belum Buka Penerbangan untuk Umrah, DPR: Sampai Kapan Masyarakat Menunggu

Lihat Foto Bandara BIJB Belum Buka Penerbangan untuk Umrah, DPR: Sampai Kapan Masyarakat Menunggu Anggota Komisi VIII DPR RI, KH Maman Imanulhaq. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Anggota Komisi VIII DPR RI, KH Maman Imanulhaq mempertanyakan soal pengunduran waktu penerbangan umrah di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Sebab, penerbangan jemaah umrah dari BIJB Kertajati ditunda dari jadwal yang sudah direncanakan.

Jika disesuaikan dengan rencana, bandara dengan kapasitas 29 juta penumpang ini tiap tahunnya bakal memulai penerbangan perdana menuju Arab Saudi pada tanggal 7 November kemarin.

Namun, pemberangkatan jemaah umrah urung dilakukan karena terbentur bermacam kendala teknis.

Lantas, Maman mengkritisi molornya waktu pelayanan penerbangan dari dan menuju Arab Saudi tersebut.

Padahal, lanjutnya, bandara terbesar kedua di Indonesia itu memiliki infrastruktur yang cukup untuk melayani penerbangan komersil.

"Sudah lama kita menunggu-nunggu BIJB dapat dioperasionalkan untuk penerbangan umrah. Sayangnya ini terus ditunda-tunda. Sampai kapan masyarakat harus menunggu?" kata Kiai Maman dalam acara Sapa Haji Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 bersama Pengurus MUI dan DKM Masjid se-Kabupaten Majalengka, Jumat, 11 November 2022.

Politisi PKB ini pun meminta para stakeholders terkait untuk serius mengurai situasi pelik yang mendera bandara kebanggaan warga Jawa Barat ini agar dapat dimanfaatkan maksimal.

Apalagi Bandara ini punya landasan pacu yang cukup untuk melayani pesawat berbadan jumbo.

Legiator asal Majalengka ini pun berharap BIJB Kertajati segera bisa melayani penerbangan umrah agar masyarakat, khususnya di sekitaran Jawa Barat, semakin mudah mendapat akses penerbangan untuk ibadah umrah bahkan juga penerbangan haji.

"Kita sebagai warga Jawa Barat tentunya sangat berharap Bandara Kertajati segera dapat melayani penerbangan umrah. Hal ini pun diharap dapat menstimulasi masyarakat untuk berangkat umrah," ujarnya.

Seperti diketahui, saat ini BIBJ Kertajati hanya melayani penerbangan kargo saja.

Akses yang terbatas juga menjadi salah satu faktor penyebab bandara ini menutup penerbangan penumpang lantaran sepi peminat.

"Penerbangan umrah ini bila segera terealisasi akan menggairahkan kembali aktivitas penerbangan di BIJB. Apalagi nantinya juga ketambahan dengan selesainya pembangunan Tol Cisumdawu yang memangkas jarak jalan dari Bandung ke Kertajati hingga setengahnya," tuturnya.

"Saya berharap Bandara ini pemanfaatannya bisa optimal karena ini adalah kebanggaan warga Jawa Barat," ucap Kiai Maman menambahkan.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya