Hiburan Selasa, 09 April 2024 | 00:04

Bangkutaman Rilis Ulang Single Religi Berjudul Manusia Dalam Tanda Tanya

Lihat Foto Bangkutaman Rilis Ulang Single Religi Berjudul Manusia Dalam Tanda Tanya Grup musik, Bangkutaman. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Unit indie asal Jakarta, Bangkutaman resmi merilis ulang single bernuansa religi yang diberi tajuk Manusia Dalam Tanda Tanya. Sempat dilepas secara eksklusif untuk diunduh gratis, tembang ini kini bisa didengarkan dalam format digital.

Lewat keterangan tertulisnya, Bangkutaman yang digawangi oleh Wahyu Nugroho (vokal dan gitar), Madava Nanda Rasika Sangga (bas) dan Christo Putra (drum) mengatakan bahwa lagu ini dirilis ulang setelah berselang 6 tahun dari peluncuran perdananya.

"Awal dari munculnya lagu ini berangkat dari sebuah sesi rekaman di Cibubur yang kebetulan terjadi di Ramadan tahun 2016. Kami menghabiskan satu minggu di sana untuk membuat demo beberapa materi baru," tutur Acum, dikutip Opsi pada Selasa, 9 April 2024.

"Saya kebetulan baru saja meminjam Saz, gitar asal Turki yang dipinjamnya dari Rendi, bos label La Munai. Suaranya menarik, ketimur-timuran gitu deh ketika dimainin. Ya udah pas nyoba, langsung aja kepikiran bikin lirik dan notasi buat lagu yang nuansanya ketimur-timuran," ucapnya.

Grup musik, Bangkutaman. (Foto: Istimewa)

Sesi rekaman di Cibubur menghasilkan 4 buah lagu yang masuk dalam EP Rileks di tahun 2017. Ada beberapa lagu lain yang tidak lolos masuk dalam EP tersebut, single Manusia Dalam Tanda Tanya menjadi salah satunya.

Namun, didorong akan keunikan lagu ini, Acum pun membawa lagu ini untuk disempurnakan oleh Topan Daru, produser musik mereka kala itu. Topan Daru menambahkan bass dan suara perkusi untuk memperluas spektrum lagu ini menjadi komposisi yang utuh.

Dan baru pada 2018, lagu ini diperkenalkan ke pendengar mereka lewat sistem unduh gratis di kanal website Bangkutaman. Dan baru pada 2024, lagu ini secara resmi diperkenalkan ulang di layanan streaming musik, dari lagu beserta cover single-nya secara proper.

Baca juga: Turbokidz Rilis Single Perfection, Jadi Pembuka untuk Mini Album Terbaru

Baca juga: Solois Amis Rilis Single O Kanan O Kanan Kiri Kotak Segitiga Atas

Saat ini, single Manusia Dalam Tanda Tanya milik Bangkutaman sudah bisa didengarkan di berbagai platform pemutar musik digital. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya