Daerah Kamis, 23 Juni 2022 | 12:06

Banjir Bandang Terjang Bogor, 2.407 Jiwa Terdampak

Lihat Foto Banjir Bandang Terjang Bogor, 2.407 Jiwa Terdampak Rumah warga yang terdampak banjir bandang di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, 22 Juni 2022. (Foto: BNPB)
Editor: Tigor Munte

Bogor - Sedikitnya 2.407 warga terdampak pasca banjir banjir bandang menerjang wilayah Desa Purasari di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, 22 Juni 2022.

Hujan dengan intensitas tinggi dalam durasi yang cukup lama mengguyur wilayah tersebut dan mengakibatkan Sungai Cisarua meluap.

Dalam peristiwa itu setidaknya tiga orang warga mengalami luka ringan setelah sempat terseret arus banjir bandang. 

Selain itu ada 5 kepala keluarga atau 20 jiwa yang terpaksa mengungsi ke tempat kerabat dekat.

BPBD Kabupaten Bogor menyebut, beberapa potongan batang pohon beserta material lumpur yang terbawa arus mengenai beberapa rumah warga sehingga mengakibatkan kerusakan.

Baca juga:

Seorang Warga Banggai Sulawesi Tengah Meninggal Dunia Terseret Banjir

Tercatat kurang lebih 600 unit rumah terdampak, 1 unit rumah rusak sedang, 5 unit rumah rusak berat, akses jalan desa penghubung antara RT 01, 02, 03, 04 dan 06 terputus dan satu gedung pesantren Al-Insyiro terdampak.

Upaya pendataan saat ini terkendala dengan akses jalan yang terputus. Hingga hari ini banjir sudah surut dan masyarakat mulai membersihkan material banjir dari rumah masing-masing.

Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Bogor hingga Jumat, 24 Juni 2022, sebagaimana sesuai prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hari ini.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah bersama masyarakat dapat melakukan segala upaya yang merujuk pada mitigasi.

Meningkatkan kesiapsiagaan seperti normalisasi sungai, susur sungai, pembersihan sungai dari sumbatan sampah, sosialisasi kepada masyarakat dan memantau perkembangan cuaca secara berkala. []



Berita Terkait

Berita terbaru lainnya