Daerah Minggu, 15 Mei 2022 | 11:05

Banjir Kepung Tiga Kecamatan di Aceh, 8 Desa Terdampak

Lihat Foto Banjir Kepung Tiga Kecamatan di Aceh, 8 Desa Terdampak Banjir melanda Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sebanyak 110 rumah warga di empat desa terendam pada Senin, 14 Maret 2022 sore pukul 17.15 WIB. (Foto: Ilustrasi)

Aceh Barat Daya - Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh menyebabkan banjir di tiga kecamatan di kabupaten itu. Delapan desa berdampak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas melalui Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) menyatakan, terendamnya permukiman warga di tiga kecamatan ini imbas dari tingginya curah hujan.

"Data kita, hujan lebat yang terjadi pada Sabtu, 14 Mei 2022 sekira pukul 21.31 WIB membuat delapan desa dalam tiga kecamatan terendam banjir," kata Ilyas, Sabtu, 14 Mei 2022.

Dia berujar, detail kondisinya yakni air menggenangi permukiman penduduk di Desa Lawe Hijo, Desa Kuning 1, Desa Kuning 2, Desa Pinding di Kecamatan Bambel, Desa Pasir Puntung, Kecamatan Semadam, Desa Lawe Loning Kecamatan Babul Makmur, Desa Lawe Dua dan Desa Sebudi Jaya, Kecamatan Bukit Tusam.

Dia bilang, air yang mengepung permukiman warga merupakan tumpahan dari jebolnya tanggul sungai Lawe Kinga dan sungai Lawe Pasar Puntung. Akibatnya, air masuk ke permukiman dan turut merendam jalan nasional.

"Tingginya debit air sungai membuat dua tanggul jebol hingga airnya masuk ke permukiman serta jalan nasional Kutacane-Medan di Desa Kuning 1 belum bisa dilalui akibat ketinggian air 90 sentimeter dan saat ini korban terdampak dan pengungsi masih dalam pendataan," ucapnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya