News Rabu, 15 Juni 2022 | 07:06

Bantai Nepal 7-0, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Lihat Foto Bantai Nepal 7-0, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023 Pemain Timnas Indonesia merayakan gol yang dicetak Elkan Baggott. (Foto: Dok. PSSI)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Tim Nasional (Timnas) Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 usai bantai Nepal 7-0 pada laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu 15 Juni 2022 dini hari WIB.

Dengan kemenangan telak ini, Indonesia dipastikan lolos karena menjadi satu dari
lima runner up terbaik. Skuad asuhan Shin Tae Yong lolos bersama Yordania dari Grup A yang menjadi juara grup.

Hasil ini juga membuat Timnas Indonesia kembali tampil di Piala Asia setelah menanti 15 tahun. Terakhir kali Timnas Indonesia bermain di putaran final saat menjadi tuan rumah bersama tahun 2007.

Timnas sudah membuka keran gol saat pertandingan baru berjalan enam menit. Gol sundulan Dimas Drajad memanfaatkan umpan Asnawi Mangkualam.

Permainan keras Nepal berbuah kartu merah di menit-33. Suman Aryal menerima kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran keras kepada Asnawi dalam duel perebutan bola.

Timnas Indonesia yang unggul jumlah pemain akhirnya memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-44. Umpan terukur Asnawi mampu dimaksimalkan Witan untuk menggetarkan gawang Nepal. Babak pertama berakhir Timas unggul 2-0.

Memasuki babak kedua, Timnas memiliki dua peluang emas untuk memperbesar keunggulan. Namun peluang yang didapat Muhammad Rafli dan Witan masih bisa digagalkan kiper Nepal, Karki.

Akhirnya Timnas menambah keunggulan di menit 53. Kesalahan Karki yang tidak akurat membaca arah bola membuat bola jatuh tepat di depan Fachruddin Aryanto yang dengan mudah menceploskan bola, 3-0 untuk Timnas.

Satu menit berselang, Timnas Indonesia kembali menggetarkan gawang Nepal. Kali ini umpan Rafli disambut tendangan lob Saddil untuk mengubah skor menjadi 4-0.

Pada menit ke-59, Rafli membuang peluang emas untuk menempatkan nama di papan skor. Sontekan Rafli memanfaatkan umpan terukur Arhan tidak optimal sehingga bisa digagalkan Karki.

Terus menyerang Timnas Indonesia bisa mencetak dua gol dalam waktu satu menit mendekati akhir babak kedua untuk unggul 5-0. Elkan Baggott mencetak gol lewat tembakan terarah dari luar kotak penalti diikuti gol kedua Witan melalui sontekan pelan dari dalam kotak penalti 6-0 untuk Timnas Indonesia.

Memasuki menit ke-90, pemain pengganti Marselino Ferdinan mencetak gol ketujuh buat Timnas Indonesia. Sepakan Marselino bersarang ke sudut kiri gawang Nepal. Skor 7-0 bertahan hingga laga usai. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya