Hiburan Kamis, 30 Juni 2022 | 11:06

Bantu Geliat Musik Indie Indonesia, TuneCore Luncurkan Program Unlimited

Lihat Foto Bantu Geliat Musik Indie Indonesia, TuneCore Luncurkan Program Unlimited Suasana konferensi pers peluncuran Tunecore. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Distributor musik digital independen terdepan di dunia, TuneCore resmi mengumumkan perubahan penting dalam praktek bisnisnya, yakni paket harga baru untuk rilisan tidak terbatas dari label atau artis yang bekerjasama.

Sebelumnya, TuneCore dikenal luas sebagai perusahaan yang mempermudah akses distribusi musik untuk para musisi independen di seluruh penjuru dunia.

Salah satu inovasi revolusionernya adalah biaya tetap untuk masing-masing rilisan yang dikenakan pada musisi dalam kurun waktu tertentu.

Menanggapi tren musik yang berubah seiring perjalanan zaman yang melihat pergeseran di mana musisi tadinya membuat beberapa EP atau satu album penuh dalam setahun menjadi lebih sering merilis single dan teratur mengulang proses tersebut untuk bisa eksis di percaturan musik, TuneCore meresponnya dengan strategi bisnis yang baru.

Peluncurkan program TuneCore`s Unlimited, akan memfasilitasi kreasi musik yang konstan dan menjadi lebih mudah untuk diakses oleh para musisi sekaligus memberi kendali untuk merilis sebanyak mungkin single dan album tanpa harus khawatir dihantui biaya yang membengkak.

Ada beberapa paket dalam program baru ini. Yang paling dasar, paket gratis, akan memberikan kemudahan bagi musisi untuk memasukkan musik mereka langsung ke perpustakaan musik di berbagai macam platform media sosial seperti TikTok, Facebook, Instagram dan Youtube.

Otomatis, sejak detik pertama karya terunggah, potensi pendapatan langsung terbuka.

Kemudian, seiring meningkatnya popularitas karya dan reputasi musisi, mereka juga bisa menapaki langkah selanjutnya untuk menyusun rencana guna jadi lebih berkembang.

Suasana konferensi pers peluncuran Tunecore. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)

Andreea Gleeson, Chief Executive Officer (CEO) TuneCore mengatakan bahwa sebelumnya, pihaknya telah menghabiskan satu tahun berbincang dengan banyak sekali pihak yang terkait, terutama musisi dan label.

"Pertanyaannya, `Apa yang bisa kami kembangkan dari layanan yang sudah ada?` Salah satu feedback dominan yang muncul adalah, para musisi ingin dapat kesempatan untuk menjajaki pasar dengan gratis bagi karya yang mereka hasilkan secara instan, teratur dan baik untuk tahun pertama," kata Andreea, dikutip Opsi pada Kamis, 30 Juni 2022.

"Kami meresponnya dengan memperkenalkan program yang memberi kebebasan pada mereka untuk memilih paket mana yang cocok dengan level karir. Dengan program TuneCore Unlimited ini, para musisi membayar lebih sedikit dan mendapat potensi yang lebih banyak," tutur dia.

Segala informasi detail, serta berbagai macam paket yang ditawarkan oleh Program TuneCore Unlimited, bisa dicek di www.tunecore.com.

Andreea Gleeson juga mengatakan bahwa kendati penawarannya berubah, ada satu hal yang tetap sama, yakni TuneCore tidak akan pernah berhenti untuk mengutamakan para musisi.

Baca juga: Keriaan Musik Latihan Pestapora Bakal Sambangi 11 Kota di Indonesia

Baca juga: Hari Musik Dunia: Melongok Musisi Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri

"Dalam setiap pembaruan layanan, kami akan mengutamakan kebutuhan para musisi. Pada akhirnya, TuneCore ada di sini untuk membantu mereka membuat musik yang lebih baik dan membantu mereka menjadi lebih dikenal," tuturnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya