News Sabtu, 26 November 2022 | 17:11

Bantu Korban Gempa Cianjur, Relawan KITA: Semoga Pemerintah Cepat Mengucurkan Bantuan

Lihat Foto Bantu Korban Gempa Cianjur, Relawan KITA: Semoga Pemerintah Cepat Mengucurkan Bantuan Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA) bagikan 2.000 nasi bungkus kepada pengungsi korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, Jumat 25 November 2022. (Foto: Dok. KITA)

Jakarta - Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA) membagikan sebanyak 2.000 nasi bungkus kepada para pengungsi korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, Jumat 25 November 2022. 

Organisasi masyarakat yang dikomandoi oleh KH Maman Imanulhaq itu juga membuka dapur umum, membagikan pakaian laik pakai, selimut, serta obat-obatan bagi para pengungsi yang berada di sejumlah titik lokasi pengungsian.

Turut mendampingi Ketum KITA, Wasekjen M. Husni, Bendum Camelia Panduwinata, Suhu Siam dan Ketua KITA Cianjur, Jun Gunara ikut terjun langsung ke lokasi.

Camelia Panduwinata Lubis mengatakan, para pengurus KITA bersama sejumlah relawan sengaja datang ke lokasi untuk memastikan para pengungsi di Cianjur bisa mendapatkan kebutuhan yang diperlukan selama di pengungsian.

"KITA pun membuka Posko KITA Peduli untuk mengkoordinir bantuan dari para donatur di berbagai wilayah agar distribusi bantuan bisa merata diterima oleh para pengungsi," kata Camel Lubis seperti mengutip keterangan tertulis KITA, Sabtu, 26 November 2022.

Politisi yang juga aktivis perempuan ini juga menyempatkan diri untuk bercengkerama dan makan bersama para pengungsi. 

Camel juga memanfaatkan momen itu untuk menghibur para pengungsi meskipun terlihat guratan kesedihan terpancar di wajah para pengungsi yang baru saja kehilangan rumahnya akibat gempa.

Ia mengaku sedih dan prihatin melihat kondisi warga di pengungsian yang harus tidur berjubel. Apalagi banyak anak-anak yang juga turut serta hidup di bawah tenda terpal. 

Lebih lanjut, dia berharap pemerintah segera mencairkan anggaran bantuan untuk perbaikan rumah bagi yang terdampak gempa beberapa hari lalu.

"Saat ini memang fokus kita untuk membantu kebutuhan para pengungsi. Namun saya berharap jangan sampai mereka tinggal lama di tenda pengungsian. Apalagi banyak anak-anak yang butuh tempat yang nyaman untuk belajar dan bermain," ujarnya.

Baca juga: FPKB ke Cianjur, Maman: Jangan Sampai Penderitaan Mereka Berlarut di Tenda Pengungsian

Baca juga: Gempa Cianjur, Rumah Sakit di Jawa Barat Dikerahkan Tangani Korban Luka Berat

"Di sini kita lihat, malam kedinginan siang kepanasan. Harapan KITA semoga pemerintah cepat mengucurkan bantuan untuk perbaikan rumah-rumah masyarakat yang rusak," ucap Camel menambahkan.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya