News Rabu, 14 September 2022 | 12:09

Bapaknya Effendi Simbolon Ternyata Seorang Pensiunan TNI AD

Lihat Foto Bapaknya Effendi Simbolon Ternyata Seorang Pensiunan TNI AD Ketua Fraksi PDIP di DPR RI Utut Adianto dan Effendi Simbolon dalam konfres, Rabu, 14 September 2022. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Ternyata Effendi Simbolon merupakan keluarga besar TNI juga. Ayahnya, Mangara Monang Simbolon merupakan seorang anggota TNI dengan pangkat terakhir Letnan Kolonel.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Fraksi PDIP di DPR RI Utut Adianto saat menggelar konferensi pers di ruang fraksinya bersama Effendi Simbolon pada Rabu, 14 September 2022 siang.

"Pak Effendi menjelaskan dan memohon maaf kepada teman-teman di sana. Yang jelas, Pak Effendi saya pastikan tidak punya niat yang tidak baik. Beliau putranya TNI AD. Almarhum bapaknya, beliau Letkol Mangara Monang Simbolon," kata Utut di hadapan puluhan pekerja media.

"Jadi kami paham, beliau konteksnya sesungguhnya menguatkan TNI," sambung Utut.

Utut mengakui di dalam rapat DPR RI selalu ada kepleset kata atau diksi yang tidak pas. Di mana bisa dipahami jika diksi ini bisa berdampak luas. 

Baca juga:

Effendi Simbolon Minta Maaf ke Seluruh Prajurit TNI

"Kalau hari ini mudah-mudahan Pak Effendi menjelaskan, kita semua segera ademlah. Kita tidak ingin republik ini mudah tersobek, tercerai berai hanya karena satu peristiwa," jelas Utut.

Sebagai pimpinan fraksi, dia memastikan bahwa Effendi Simbolon tidak punya niat tidak baik. Bahkan menurut hematnya Effendi memiliki niat sangat mulia, yakni menginginkan TNI kita kuat dan bersatu.

"Ada jiwa korsa yang kuat antara pemimpin dan yang dipimpin, dengan tetap saling menghargai," tukasnya.

Sebagaimana diketahui, Effendi Simbolon mendapat sorotan tajam para prajurit TNI lantaran ucapannya yang menyebut TNI seperti gerombolan.

Hal itu disampaikannya saat berbicara di RDP Komisi I DPR RI bersama Menteri Pertahanan dan Panglima TNI pada 5 September 2022. 

Ucapan Effendi memantik amarah prajurit TNI dan menuntut agar Politisi PDIP itu meminta maaf kepada seluruh prajurit TNI. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya