News Jum'at, 08 April 2022 | 22:04

Bareskrim Polri akan Periksa Madura United, Ini Penyebabnya

Lihat Foto Bareskrim Polri akan Periksa Madura United, Ini Penyebabnya Klub Sepakbola Madura United. (Foto: Ligaindonesiabaru.com)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Klub sepakbola Liga 1, Madura United akan diperiksa Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, terkait dugaan penipuan investasi robot trading platform Viral Blast Global.

Kasubdit III TPPU Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Kombes Robertus Yohanes De Deo Tresna Eka Trimana mengatakan, pekan depan pihak Madura United akan diperiksa.

"Iya Minggu depan, pihak klub Madura United akan diperiksa," kata De deo saat dikonfirmasi, Jumat 8 April 2022.

Sementara itu, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan, sebenarnya pihak Madura United diperiksa, Kamis 7 April 2022 kemarin. Namun, yang bersangkutan meminta pemeriksaan ditunda.

"Minggu depan. Harusnya diperiksa kemarin tetapi dia minta dijadwalkan ulang," ucapnya.

Kata dia, dua klub sepakbola di Indonesia akan diperiksa, namun dia enggan menyebutkan klub satunya lagi.

Sebelumnya, Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan mengatakan bahwa salah satu tersangka bernama Zainal Hudha Purnama merupakan manajer di klub bola Madura United.

Dari hasil penyidikan, diduga tersangka Zainal melakukan kerja sama sponsorship ke beberapa klub sepakbola lain. Pengusutan itu, kata dia, akan dilakukan.

"Rencananya juga akan dilakukan pemeriksaan tentang aliran dana dari PT Trust Global Karya karena patut diduga menerima harta kekayaan hasil kejahatan penipuan robot trading Viral Blast tersebut," jelasnya.

Dalam kasus ini, ada empat tersangka yang telah dijerat oleh penyidik. Satu diantaranya masih dikejar lantaran masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Perusahaan memasarkan produk e-Book kepada member dengan embel-embel pembelajaran trading.

Member yang bergabung diharuskan menyetorkan sejumlah uang sesuai paket yang ditawarkan untuk membeli e-book tersebut. Bonus yang dijanjikan setiap merekrut member baru sebesar 10 persen. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya