Daerah Rabu, 22 Desember 2021 | 17:12

Baskami Ginting Desak Dinkes se Sumut Kejar Vaksinasi di Wilayah Mudik Nataru

Lihat Foto Baskami Ginting Desak Dinkes se Sumut Kejar Vaksinasi di Wilayah Mudik Nataru Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Andi Nasution

Medan - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, Baskami Ginting mendesak Dinas Kesehatan tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota untuk mengejar penyelesaian vaksinasi baik tahap 1 maupun 2.

Apalagi saat ini, akan menghadapi Natal dan Tahun Baru yang bisa jadi akan kedatangan tamu warga Sumut yang berada di luar provinsi dan hendak mudik.

"Ini sangat perlu disasar (daerah pedalaman/terpencil) oleh pihak Dinkes baik provinsi maupun kabupaten/kota, sehingga seluruh warga Sumut yang menjadi sasaran vaksin 1 dan 2 hingga lansia tercapai," kata Baskami dalam keterangan tertulisnya diterima Opsi, Rabu, 22 Desember 2021.

Berdasarkan data cakupan vaksinasi dosis 1 di Sumut hingga Jumat, 3 Desember 2021, telah mencapai 60,65 persen.

Angka ini, katanya, setara dengan 6,93 juta peserta vaksin dari target yang ditetapkan sebanyak 11,42 juta orang.

Sedangkan untuk vaksinasi dosis 2 hingga 3 Desember 2021, telah tercapai 42,75 persen dari target.

Namun begitu, urai politisi dari PDIP itu, masih banyak dirinya mendapatkan laporan khususnya di daerah-daerah terpencil yang belum menerima vaksin ke seluruh sasaran usia.

Desakan ini, tambah Baskami, perlu disegerakan agar target herd imunity di Sumut tercapai, dan masyarakat bisa menjalankan aktifitas khususnya bidang pertanian dan perkebunan akan berjalan normal serta gerak ekonomi akan berjalan baik.

"Kepada Gubernur Sumut juga diminta untuk segera mencanangkan vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun, apalagi saat ini sedang libur sekolah sehingga pelaksanaan KBM khususnya di SD dan MI akan berjalan baik," tuturnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya