Daerah Jum'at, 14 Januari 2022 | 16:01

Bayi Kembar Siam, Satu Tubuh Dua Kepala Lahir di Palembang

Lihat Foto Bayi Kembar Siam, Satu Tubuh Dua Kepala Lahir di Palembang Proses persalinan bayi kembar siam di Palembang. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Rio Anthony

Palembang - Bayi kembar siam dengan dua kepala dan satu tubuh lahir di Rumah Sakit RSMH Palembang. Kedua bayi itu sehat dan kondisinya stabil.

"Operasi kelahiran bayi kembar siam tersebut dilakukan tadi pagi, di pimpin dokter Abarham Martadiansyah," kata Humas RSMH Palembang, Suhaimi, Jumat 14 Januari 2022.

Suhaimin mengatakan, ayah dari bayi kembar siam tersebut berusia 26 tahun. Namun ibu dari bayi tersebut belum bisa dijelaskan karena menjaga privasinya.

"Kalau dari keluarga, ayah bayi berinisial ER usia 26 tahun, tapi untuk jelasnya ibu dan bayinya kita tidak bisa memberikan lebih detail karena itu merupakan hak pasien," ungkap Suhaimi.

Operasi kembar siam di Palembang kata dokter Abraham, merupakan yang pertama kalinya di tahun 2022.

Informasi adanya kehamilan kembar siam ini sudah diketahui sejak usia kandungan pasien berada di usai 16 minggu, bayi itu dilahirkan dalam usia kandungan 38 bulan.

"Pada hari ini di usia kandungannya 38 Minggu kita lahirkan secara caesar. Jadi kembar siam itu dari awal usia kehamilan 16 Minggu sudah terdiagnosis. Dia terdiagnosis ada dua kepala sedangkan tulang belakangnya menyatu sampai setinggi dadanya," katanya.

Pasca operasi, kondisi sang ibu bayi tersebut dinyatakan stabil, namun harus dirawat secara intensif untuk memastikan semua organ tubuh berfungsi dengan normal dan mampu bertahan hidup.

"Ibu bayi kondisinya baik, akan dirawat seperti biasa, dia di operasi secara khusus dari yang biasa melintang ini di operasi ke atas dari arah pusar,"

"Untuk Bayinya sendiri kondisinya stabil dan saat ini dirawat secara intensif di ruangan khusus, trauma diperiksa organ-organnya dan akan dilakukan penilaian apakah dengan organ yang ada itu bisa menghidupi kedua janin tersebut," jelasnya. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya