Daerah Jum'at, 09 September 2022 | 15:09

BBM Naik, Ongkos Angkutan Umum Abdya-Sumut Jadi Rp 250 Ribu Per/kepala

Lihat Foto BBM Naik, Ongkos Angkutan Umum Abdya-Sumut Jadi Rp 250 Ribu Per/kepala Terminal Abdya sepi pasca BBM naik. ( Foto: Opsi/istimewa).
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh Pemerintah Republik Indonesia beberapa hari lalu membuat pihak pengelola loket di terminal Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh ikut menaikkan harga ongkos sewa mobil ke beberapa rute.

Pasca naik harga BBM dan pihak loket juga turut menaikkan harga, penglola loket di terminal itu mengaku kondisi terminal saat ini jadi sepi tidak seperti sebelum BBM naik.

Seperti pengakuan, Nanda, salah satu sopir angkutan umum. Dia mengatakan, pasca naiknya harga BBM para sopir dan pemilik loket juga menaikkan harga tarif sewa angkutan.

"Kita hanya menyeimbangi saja dengan harga BBM, sebab kalau tidak kita naikkan maka tidak akan dapat apa-apa," kata Nanda, Jumat, 9 September 2022.

Dirincikannya, harga sewa dari Blangpidie Abdya ke Banda Aceh untuk mobil ber AC Rp 170 ribu dari sebelumnya Rp 150 ribu atau naik Rp 20 ribu.

Dia mengatakan, sepekan terakhir setelah BBM naik loket di Abdya mulai sepi, bahkan ada beberapa sopir pilih berhenti sementara lantaran kurang penumpang.

"Biasanya kalau ada 5 orang sewa dalam satu unit mobil yang mau pergi ke Banda Aceh sudah bisa kita berangkatkan dan cukup untuk kebutuhan sekali jalan, tapi sekarang jangankan 5 orang tiga orang saja susah," jelasnya.

Tambahnya, untuk tarif satu orang sewa ke Medan Sumatera Utara (Sumut) dari Abdya kini Rp 250 ribu dari sebelumnya Rp 180 ribu per orang.

"Begitu juga rute Abdya-Sumut juga naik," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya