Hukum Rabu, 01 Februari 2023 | 20:02

Belajar dari Tragedi Kanjuruhan, Kapolri Revisi Aturan Pengamanan Olahraga

Lihat Foto Belajar dari Tragedi Kanjuruhan, Kapolri Revisi Aturan Pengamanan Olahraga Kapolri Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Mencegah terulangnya kejadian di Stadion Kanjuruhan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merevisi Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang pengamanan olahraga.

“Seiring dengan beberapa waktu yang lalu kejadian di Kanjuruhan yang tentunya menjadi perhatian kita bersama bahwa ke depan hal ini tidak boleh terjadi lagi,” ujar Sigit di Mabes Polri, Rabu, 1 Februari 2023.

Beberapa aspek yang diperbaiki, mulai dari sisi penyelenggaraan, keamanan, hingga manajemen pengaturan suporter. 

"Di mana di dalamnya mengatur bagaimana menggunakan personel, kemudian yang terutama adalah analisis terhadap risiko, khususnya stadion yang akan digunakan,” ungkap Sigit.

Sehingga nantinya bisa ditentukan dengan kapasitas yang ada dan pintu-pintu keluar, pintu masuk, exit. Kemudian bagaimana kesiapan kesehatan yang ada, semuanya menjadi satu kesatuan.

Kirim Personel

Kesempatan yang sama, Sigit mengatakan pihaknya akan mengirimkan personel untuk melakukan studi banding ke negara yang sudah melakukan sistem penanganan sepak bola berstandar internasional.

“Setelah ini, kami akan memberangkatkan beberapa orang ke luar negeri untuk melaksanakan studi banding,” kata Kapolri Sigit.

Baca juga: Anak Buah Jenderal Listyo Sigit Prabowo Diberi Kursus Pengamanan Stadion Sepak Bola

Menurut Sigit, studi banding sebagai upaya untuk mendapatkan ilmu dalam penanganan pertandingan sepak bola agar menjadi lebih baik lagi.

“Sehingga kami bisa mendapatkan suatu gambaran tentang pengamanan dari beberapa negara yang saat ini sudah melaksanakan standar FIFA. Dengan demikian, kami bisa mendapatkan berbagai macam informasi dan gambaran,” terangnya.

Polri bekerja sama dengan Coventry University Inggris membuka kursus pengamanan stadion. 

Kursus yang berlangsung dari 25 Januari 2023 hingga 2 Februari 2023 itu untuk memastikan pertandingan sepak bola berlangsung lebih aman.

Selain itu, Polri memang sudah menerapkan pengamanan baru saat pertandingan sepak bola. 

Pada Piala AFF misalnya, polisi tak ada di dalam stadion. Sementara, penonton yang di dalam akan dijaga oleh steward. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya