Daerah Jum'at, 07 Oktober 2022 | 14:10

Besok, Kemukiman Kutatinggi Abdya Pawai Maulid Keliling Pusat Kota

Lihat Foto Besok, Kemukiman Kutatinggi Abdya Pawai Maulid Keliling Pusat Kota Balai Maulid Masyarakat Kemukiman Kutatinggi. (Foto: Opsi/Syamsurizal)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Masyarakat Kemukiman Kutatinggi, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh akan melaksanakan pawai beragam jenis balai buah dan balai nasi untuk keliling pusat kota Blangpidie, ibu kota kabupaten setempat.

Pawai ini akan dilaksanakan besok, Sabtu, 8 Oktober 2022 sesuai jadwal Maulid Nabi di Kemukiman itu yang terpusat di Masjid Baitul Ali atau masjid kemukiman Kutatinggi, Kecamatan Blangpidie.

Untuk diketahui, pelaksanaan pawai Maulid memang sudah menjadi rutinitas masyarakat kemukiman ini setiap kali dilaksanakan Maulid khusus kemukiman.

Kepala Desa Geulumpang Payong, Khairuddin membenarkan bahwa besok akan dilaksanakan pawai keliling pusat kota Blangpidie.

"Seperti tahun-tahuh sebelumnya, besok kita juga laksanakan pawai Balai Maulid," kata Khairuddin, Jumat, 7 Oktober 2022.

Dia berkata, seluruh Balai Maulid beragam jenis yang dibuat masyarakat lima desa dalam Kemukiman Kutatinggi yakni Desa Geulumpang Payong, Kutatinggi, Mataie, Babahlung dan Desa Panton Raya akan berkumpul di satu titik.

Lanjutnya, setelah itu langsung berkeliling melintasi rute-rute yang sudah biasa dilalui yakni melintasi jalan menuju kantor bupati, setelah itu ke pusat kota dan berkumpul ke masjid Baitul Ali atau masjid kemukiman.

"Kemudian berkumpul di masjid kemukiman. Ada beragam model Balai Moulid. Kita di Geulumpang Payong sedang membuat Balai berbentuk Kapal," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya