Daerah Sabtu, 29 Oktober 2022 | 16:10

Beyond Education Indonesia Kenalkan Pembelajaran Berbasis Teknologi di Morowali Utara

Lihat Foto Beyond Education Indonesia Kenalkan Pembelajaran Berbasis Teknologi di Morowali Utara Founder BEI Dr Rahtika Diana (tengah). (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Generasi milenial dan berprestasi di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, mendapatkan kesempatan berharga dengan mengikuti pelatihan dan pembelajaran berbasis teknologi

Kegiatan ini kerja sama dengan Beyond Education Indonesia (BEI) bertajuk “Kelas Kreatif Membuat Konten di Instagram” pada Sabtu, 29 Oktober 2022. 

Founder BEI Dr Rahtika Diana mengatakan, BEI merupakan platform edukasi yang bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pembelajaran berbasis teknologi untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di Indonesia.

Metode pembelajaran yang mereka suguhkan dikenal dengan istilah Edu 20, yakni proses belajar berlangsung paling lama 20 menit untuk setiap kelas.

"Mengapa 20 menit? Berdasarkan hasil beberapa riset menunjukkan bahwa tingkat konsentrasi belajar maksimal pada 20 menit pertama setelah itu akan menurun," terangnya. 

Dia mengatakan, anak-anak milenial saat ini membutuhkan lebih banyak variasi metode pembelajaran supaya tidak lekas jenuh. 

"Para tutor di BEI didorong untuk mengembangkan dan berinovasi dalam proses pembelajaran yang diberikan,” imbuh dia.

Produk yang ditawarkan BEI selain Edu 20, ada juga Edu Sharing yang merupakan sesi sharing dengan pakar dari berbagai latar belakang pendidikan. Edu Sharing juga berdurasi tidak lebih dari 20 menit.

Baca juga:

Ridwan Kamil Luncurkan Tryout CASN Juara Sarana Pembelajaran untuk Seleksi Calon ASN

Rahtika Diana berujar, BEI tidak hanya sekadar platform edukasi. Tetapi juga wadah komunitas bagi siapapun yang ingin berbagi ilmu. Pesertanya bisa siapa saja dari berbagai daerah di Indonesia.

Dia lalu mengutarakan keprihatinannya, melihat belum meratanya jangkauan pembelajaran dan keterbatasan fasilitas belajar yang ada di daerah terpencil, termasuk daerah perbatasan. 

"Menjadi prioritas BEI untuk hadir di daerah-daerah yang sangat membutuhkan," ujarnya.

Ke depan kata dia, BEI bekerja sama dengan Kabupaten Natuna (Kepri), Kabupaten Belu (NTT), Maluku Tenggara (Maluku) yang memang masuk wilayah perbatasan NKRI.

Kerja sama BEI dengan Morowali Utara yang melibatkan anak muda milenial dan putra putri daerah berprestasi dibuka Ketua Kadin Morowali Utara IM Arief Ibrahim. 

Arief juga dikenal sebagai tokoh muda yang aktif dalam berbagai kegiatan untuk mendorong kreativitas anak muda daerah.

Ini merupakan kelas perdana dari rangkaian kelas yang akan diselenggarakan. Kelas berlangsung sesi diskusi dan sharing dengan Fajar Muharam selaku Co Founder BEI yang juga expert tutor dan advisor beberapa platform edukasi di Indonesia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya