News Rabu, 07 Juni 2023 | 11:06

Bilang AHY Masuk Radar Bacawapres Ganjar, Gimik Puan Memecah Konsentrasi Demokrat?

Lihat Foto Bilang AHY Masuk Radar Bacawapres Ganjar, Gimik Puan Memecah Konsentrasi Demokrat? Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Dok. Demokrat)

Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyebut pernyataan Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang menyebut Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk radar bakal calon wakil presiden (Bacawapres) Ganjar Pranowo, memiliki dua makna.

Dua makna yang dimaksud antara menunjukkan AHY berkualitas dan ingin memecah konsentrasi Partai Demokrat di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

"Itu menunjukkan AHY punya nilai jual dan berkualitas, sehingga menjadi salah satu pertimbangan Puan menjadi cawapres," kata Jubir PKS, Muhammad Iqbal kepada wartawan, Rabu, 7 Juni 2023.

Kendati begitu, ia yakin bahwa pernyataan Puan Maharani tersebut tidak akan mampu menggoyahkan AHY.

Ia berpendapat Demokrat akan tetap solid bersama PKS dan NasDem di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) untuk mendukung pencapresan Anies Baswedan.

"Namun, PKS yakin AHY tak goyah dan tetap bersama KPP," ujarnya.

Di sisi lain, dia menyebut pernyataan Puan hanya untuk mencari perhatian ke publik.

Lantas, dia mewanti-wanti pernyataan Puan itu bertujuan untuk memecah konsentrasi Demokrat di koalisi pendukung Anies Baswedan.

"Namun, bisa juga ini hanya gimik-gimik Puan untuk memecah konsentrasi Demokrat dalam KPP," ucap Iqbal.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani mengungkapkan ke publik nama-nama bakal calon wakil presiden (Bacapres) yang berpotensi mendampingi bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo.

Pada konferensi pers yang berlangsung di Sekolah Partai DPP PDIP, Selasa, 6 Juni 2023, Puan menyebut nama-nama tersebut berpeluang menjadi pendamping Ganjar untuk Pilpres 2024 mendatang.


"Kalau boleh saya sebut yang ada di media, Pak Mahfud sudah masuk namanya, Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, dan Pak Airlangga," kata Puan seperti dikutip pada Rabu, 7 Juni 2023.

Nama-nama yang masuk dalam peta PDIP itu, kata dia, memiliki kelebihan masing-masing.

"Tentu punya kelebihan yang nantinya akan dipertimbangkan," ujarnya.

Tak hanya itu, Ketua DPR RI ini juga mengungkapkan bahwa nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk dalam bursa Bacawapres Ganjar Pranowo.

"Ada Pak AHY," ucap Puan Maharani.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya