Hiburan Rabu, 26 Juni 2024 | 00:06

Bisma Karisma Rilis Album Solo Isi 8 Lagu Berjudul Rihlah

Lihat Foto Bisma Karisma Rilis Album Solo Isi 8 Lagu Berjudul Rihlah Penyanyi solo, Bisma Karisma. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Seniman serba bisa, Bisma Karisma kembali ke kancah permusikan dalam sebuah proyek solo lewat perilisan album penuh yang diberi judul Rihlah. Berisi total 8 lagu, karya menjadi perkenalannya sebagai seorang solois.

Lewat keterangan tertulisnya, Bisma mengatakan bahwa Rihlah yang ia ambil sebagai judul album, berasal dari istilah bahasa Arab yang berarti perjalanan mencari ilmu dan pencerahan spiritual. Bagi Bisma, "Rihlah" adalah sebuah kristalisasi dari pengalaman dan perjalanan hidupnya selama ini.

Single Malam yang diambil sebagai lagu utama dalam album ini, dipilih untuk mewakili eksplorasi musikal dan lirik yang lebih ekspresif namun sarat akan makna di dalamnya.

Album Rihlah sendiri mengusung musik yang lebih eksploratif dan ekspresif, sekaligus menunjukkan transformasi Bisma dari citra ceria di SMASH ke sisi yang lebih kontemplatif dan reflektif di solo projeknya.

"Ya jadi manusia aja, aku melihat diriku yang di Smash itu adalah aku yang berada di keramaian dan aku di solo projek ini adalah aku yang berada di kesunyian," ucap Bisma, dikutip Opsi pada Senin, 24 Juni 2024.

Penyanyi solo, Bisma Karisma. (Foto: Istimewa)

Bekerja sama dengan Lafa Pratomo sebagai produser, Bisma berhasil melahirkan 7 buah lagu yang akan ada di dalam album ini nantinya dan satu lagu lagi terlahir lewat proses bersama dengan Alyuadi dari Heals dan Rizky Parada dari Gaung – berperan menjadi produser.

Empat lagu lainnya, yakni Yang Suri, Frekuensi, Alalia dan Aamiin sudah dirilis oleh Bisma sebelumnya.

Dari 8 trek yang tersedia, lagu Angin yang merupakan daur ulang dari karya Harry Roesli, seniman legendaris asal Bandung atau lebih dikenal dengan julukan `Si Bengal dari Bandung` juga tersemat di album ini.

Baca juga: Anov Blues One Rilis Single Terbaru Bertajuk Dengarkanlah

Baca juga: Angkat Tema Crab Mentality, Vikri and My Magic Friend Lepas Single Pengen Ini Itu

Saat ini, delapan lagu di album Rihlah milik Bisma Karisma sudah bisa didengarkan di berbagai platform pemutar musik digital. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya