Hiburan Kamis, 10 Agustus 2023 | 19:08

Bless The Knights Gebrak Lagi Kancah Musik Keras Lewat Single Parekletos

Lihat Foto Bless The Knights Gebrak Lagi Kancah Musik Keras Lewat Single Parekletos Unit djent metal, Bless The Knights. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Bless the Knights kembali mengejutkan peta permusikan cadas Tanah Air dengan merilis single dan video klip terbaru mereka bertajuk Parekletos. Dikenal sebagai pejuang djent metal Indonesia, di karya kali ini BTK justru memberikan unsur catchy dalam musiknya.

Lewat lagu ini, Bless the Knights masih bercerita tentang betapa bahagianya mereka dapat kembali bangkit dari tidur panjang, sekaligus menegaskan bahwa kembalinya mereka ke pentas musik keras Tanah Air bukan hanya untuk sekedar lewat, apalagi hanya untuk menunjukkan eksitensi semata.

Hal ini diamini oleh pentolan Bless The Knights, Fritz Faraday dalam keterangan tertulisnya. Dia bilang, perjuangan bermusik bersama unit djent yang digawanginya sama sekali belum selesai.

"Bless the Knights balik bukan hanya untuk nujukin bahwa kami belum mati," kata Fritz Faraday, dikutip Opsi pada Kamis, 10 Agustus 2023.

"Tapi kami semua, baik personil, tim dan management, bersepakat untuk benar-benar berjuang sampai sejauh apa kami bisa berjalan. Harapan gue dan teman-teman sih pastinya bisa langgeng sampe maut aja yang memisahkan. Hahahaha," tuturnya.

Kata "Parekletos" yang diambil sebagai tajuk single ini, berasal dari sebuah kata dalam Bahasa Yunani yang memiliki arti "Roh Penghiburan".

Semenjak single terakhir mereka yang berjudul Metamorphosis diluncurkan, Bless the Knights seakan mulai kembali mendapatkan spotlight yang sempat hilang dari mereka.

Seluruh personel sepakat bahwa lagu itu merupakan salah satu karya tersukses selama band ini eksis di kancah musik metal nasional.

Pasalnya, single Metamorphosis memang menuai capaian yang luar biasa dengan jumlah putar lebih dari 58,000 kali di Spotify dan masuk ke dalam playlist unggulan seperti "Cadas Bergema" dan 7 playlist internasional lainnya, seperti "Superhero Routine", "New Metalcore", "Heavy Guitars", serta "Djentington", bersanding dengan nama-nama besar djent dunia seperti Periphery, Monuments, Veil of Maya dan lain-lain.

Artwork lagu Parekletos milik Bless The Knights. (Foto: Istimewa)

Selain itu, lagu ini juga diberitakan oleh lebih dari 50 media baik yang berbasis web, Instagram maupun TikTok. Selain itu mereka juga mendapatkan lebih dari 10,000 views pada music video yang dipublikasikan di YouTube semenjak 15 Juni 2023 itu.

Tidak hanya itu, Fritz Faraday juga didapuk sebagai endorsee dari Solar Guitars dan Avara Custom (In Ear Monitor system) berkat engagement yang tinggi hasil dari single pertama mereka ini.

Namun begitu, vokalis Bless The Knights, Cas Coldfire merasa bahwa single baru Parekletos justru akan memberikan ledakan yang lebih masif dibandingkan Metamorphosis, jika ditengok dari segi penulisan lagu, maupun konsep dari video klip-nya yang selain melakukan profiling terhadap masing-masing personilnya, Bless the Knights juga menyisipkan story line yang menggambarkan perjuangan tentang jatuh bangun band ini mulai dari beberapa tahun yang lalu hingga saat ini.

"Beat dan reffnya lagu ini sih kuat banget ya. Selain groovy, lirik-nya juga memang ditulis Fritz untuk benar-benar menggambarkan bahwa Bless the Knights ini enggak boleh dianggap `udah kelar`," katanya.

"Melainkan ya emang kemarin-kemarin itu momentumnya aja yang belum mengarah ke kami. Gue yakin banget ini bakal lebih pecah lagi dibandingin si `Metamorphosis`," tutur Cas Coldfire.

Penggarapan lagu Parekletos ini sendiri sebenarnya dilakukan bersamaan dengan lagu-lagu lainnya dan beberapa kali juga sudah dibawakan secara langsung oleh Bless The Knights di panggung-panggung yang mereka mainkan belakangan ini, salah satunya JakCloth Summerfest 2023.

Unit djent metal, Bless The Knights. (Foto: Istimewa)

Secara tidak langsung, hal itu memperlihatkan bahwa Bless the Knights sudah mempunyai `stok` lagu yang akan mereka rilis sesuai dengan timeline yang mereka sudah rancang.

Bahkan, di beberapa kesempatan mereka juga menuturkan bahwa minimal akan ada 3 lagu lengkap dengan music video-nya yang akan dirilis selama sepanjang tahun 2023 ini, sebelum memasuki masa kampanye untuk Pemilihan Umum 2024 nanti.

"Parekletos menurut gue bakalan jadi favoritnya semua orang, karena selain groovy dan bikin pumped out, lagu ini juga akan menampilkan balance dari screamnya Gilang dan clean vocalnya Cas yang berpadupadan dengan 2x solo gitarnya Fritz dan isian gospel chops dari gue. Bakalan seru banget sih, jangan sampe ketinggalan aja pokoknya!," tutur drumer Naufal.

Single Parekletos milik Bless The Knights akan bisa didengarkan di berbagai platform pemutar musik digital mulai 10 Agustus 2023.

Baca juga: Gitaris Bless The Knights, Fritz Faraday Jadi Brand Ambassador Solar Guitars

Baca juga: Brand Ambassador Solar Guitars, Fritz Faraday Guncang SMEX 2023

Sementara video klip lagu ini yang digarap bersama Pelatar ini, akan diluncurkan secara eksklusif bersama Paling Berisik. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya