Daerah Rabu, 16 Maret 2022 | 08:03

BNN Musnahkan 8 Hektare Ladang Ganja di Gunung Seulawah Aceh

Lihat Foto BNN Musnahkan 8 Hektare Ladang Ganja di Gunung Seulawah Aceh Petugas BNN saat menemukan ladang ganja di Aceh. (foto: istimewa).

Aceh Barat Daya - Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan ladang ganja seluas 8 hektare pada Selasa, 15 Maret 2022. Temuan lokasi ladang di Lamteuba, Kecamatan Selimuen, Aceh Besar ini merupakan hasil dari pengembangan yang dilakukan BNN pada 5 Maret 2022 lalu.

Direktur Narkotika Deputi Pemberantasan BNN, Brigjen Roy Hardi Siahaan mengatakan dua titik ladang ganja seluas 8.013 m2 berhasil diidentifikasi pada ketinggian 438 Mdpl (meter di atas permukaan laut) dan 462 Mdpl.

"Dari hasil pengembangan, kita dapati lokasinya dan tim gabungan menelusuri kaki Gunung Seulawah untuk memusnahkan ribuan batang tanaman ganja yang berusia 4 hingga 5 bulan dengan jarak tempuh selama 2,5 jam," kata Roy Hardi Siahaan kepada wartawan, dikutip Opsi, Rabu, 16 Maret 2022.

Dia menyebutkan, total personel yang diterjunkan dalam proses pemusnahan ladang ganja ini sebanyak 117 orang. Menurutnya, tim berhasil membabat lebih kurang 13 ribu batang ganja siap panen yang tumbuh di medan yang terjal.

Dia mengatakan, banyak pihak terlibat dalam sinergitas lintas instansi seperti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Satuan Pamong Praja (Satpol PP), Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, Bea dan Cukai, serta Kejaksaan Negeri.

"Ini juga masuk dalam rangkaian dari jelang Hari Ulang Tahun BNN ke-20 yaitu pada Maret 2022. Masyarakat kita imbau untuk lebih peduli terhadap undang-undang yang melarang kepemilikan, penanaman serta peredaran gelap tanaman ganja yang masuk ke dalam jenis narkotika golongan I," ucapnya memungkasi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya