Daerah Minggu, 09 Juli 2023 | 14:07

Bobby Nasution dan Kahiyang Kenakan Pakaian Adat Simalungun di HUT ke-433 Kota Medan

Lihat Foto Bobby Nasution dan Kahiyang Kenakan Pakaian Adat Simalungun di HUT ke-433 Kota Medan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani dan Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu di HUT ke-433 Kota Medan, Sabtu, 8 Juli 2023. (Foto: Istimewa)

Siantar - Perayaan Hari Jadi ke-433 Tahun Kota Medan dilangsungkan dengan mengadakan Colorful Medan Karnival 2023 di Lapangan Benteng, Sabtu, 8 Juli 2023.

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani dan jajaran Pemko Siantar, turut meramaikan kegiatan tersebut. Wali kota tampak mengenakan pakaian adat Simalungun.

Tak hanya Susanti, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution dan Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu, juga mengenakan pakaian adat Simalungun, lengkap dengan Gotong dan Bulang.

Dalam kegiatan bertema "Bergerak dan Berkolaborasi" tersebut, Pemko Siantar menampilkan pakaian adat sejumlah etnis serta modifikasi pakaian adat.

Selain Siantar, sejumlah kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumatra Utara (Sumut) juga mengirimkan kontingennya, yakni Kota Binjai, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Labuhanbatu, Langkat, dan Toba.

Karnaval juga diikuti kontingen kecamatan-kecamatan yang ada di Kota Medan, atlet, pelajar, Pramuka, komunitas hobi, dan komunitas seni.

Colorful Medan Karnival 2023 dimeriahkan marching band dan ditutup dengan Tari Payung.

dr Susanti menyambut baik dan memberikan apresiasi atas kegiatan Colorful Medan Karnival 2023. Ia mengaku bangga karena Pemko Siantar bisa turut serta dalam kegiatan tersebut.

Kebanggaan lainnya, lanjut dia, karena Wali Kota Medan beserta Ketua TP PKK Kota Medan mengenakan pakaian adat Simalungun di acara tersebut.

"Etnis asli Kota Pematang Siantar itu adalah etnis Simalungun. Siantar dan Simalungun tidak bisa dipisahkan. Ibarat telur mata sapi, Kota Pematang Siantar adalah bagian kuningnya, dan Simalungun bagian putih telur. Terima kasih kepada Wali Kota Medan Bapak Bobby Nasution dan Ibu Kahiyang Ayu yang telah turut memperkenalkan budaya Simalungun," ucap Susanti.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya