News Selasa, 09 Juli 2024 | 15:07

Bobby Nasution Dapat Dukungan 6 Parpol di Pilgub Sumut, PDIP Singgung Pengaruh Jokowi

Lihat Foto Bobby Nasution Dapat Dukungan 6 Parpol di Pilgub Sumut, PDIP Singgung Pengaruh Jokowi Wali Kota Medan Bobby Nasution di kantor DPP Partai Golkar, Sabtu, 6 April 2024. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Dukungan partai politik kepada Wali Kota Medan, Bobby Nasution untuk maju sebagai calon gubernur Sumatra Utara (Sumut) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang semakin banyak.

Banyaknya dukungan itu menjadi pertanyaan dari Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat. Ia pun mempertanyakan pengaruh mertua Bobby, yaitu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, bertalian dengan dukungan tersebut.

"Untuk Mas Bobby sudah dapat, itu karena Mas Bobby-nya atau karena mertuanya?" kata Djarot di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu, 9 Juli 2024.

Kendati demikian, ia menegaskan bahwa PDIP tidak pesimistis menghadapi Bobby di Pilkada Sumut. Dia berpendapat, banyaknya dukungan partai belum bisa menjamin kemenangan.

"Belum tentu juga, pendukung partai yang banyak gitu, raksasa, gemuk gitu ya, itu pasti menang. Super koalisi kek, atau super apa ya, gemuk banget, ya itu belum tentu juga karena yang menentukan kan rakyat juga," ujarnya.

Menyoal kontestasi di Sumut, Djarot menjelaskan bahwa PDIP masih mendengarkan suara dan kehendak rakyat.

Lebih lanjut, kata dia, partainya masih membuka peluang komunikasi dengan partai-partai yang belum mengambil keputusan di Sumut, meskipun PDIP bisa mencalonkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur tanpa berkoalisi.

"PDI Perjuangan ini relatif aman ya, artinya bisa mencalonkan sendiri. Tetapi kita tetap membuka komunikasi dengan partai partai yang belum bergabung ke sono (Bobby)," ucap Djarot.

Diketahui, Bobby Nasution yang telah mengantongi dukungan dari enam partai politik untuk maju di Pilgub Sumut 2024, di antaranya Partai Gerindra, PAN, Golkar, NasDem, PKB, dan Demokrat.

Selain PDIP, masih ada empat partai politik lain pemilik kursi DPRD Sumut yang belum memutuskan sosok yang akan mereka usung di Pilgub Sumut 2024. Keempat partai itu yakni Perindo, PPP, PKS, dan Hanura.[] (CNNIndonesia)

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya