Daerah Rabu, 21 September 2022 | 10:09

Bobby Nasution Jualan Bahan Pokok di 151 Kelurahan Kota Medan, Harganya Murah!!!

Lihat Foto Bobby Nasution Jualan Bahan Pokok di 151 Kelurahan Kota Medan, Harganya Murah!!! Warga menyerbu pasar murah usai dibuka Wali Kota Medan, Bobby Nasution. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Andi Nasution

Medan - Sebagai upaya penanganan dampak inflasi yang terjadi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), Pemko Medan di bawah kepemimpinan Wali Kota Bobby Nasution menggelar pasar murah di 151 kelurahan yang tersebar di wilayahnya.

Pasar murah ini menjual 4 bahan pokok yakni beras, minyak goreng, gula pasir dan telur dengan harga di bawah harga pasar, dengan harapan dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Pembukaan pasar murah dilakukan Wali Kota Bobby Nasution secara simbolis di Kantor Kelurahan Sei Agul, Jalan Danau Laut Tawar, Kecamatan Medan Barat, Selasa 20 September 2022.

Bobby Nasution mengatakan, kehadiran pasar murah tersebut merupakan bentuk perhatian Pemko Medan kepada masyarakat, terutama warga kurang mampu.

"Selain itu, pasar murah ini juga sebagai tindaklanjut instruksi Presiden Joko Widodo untuk menangani dampak yang terjadi akibat penyesuaian harga BBM beberapa waktu lalu. Jadi sesuai instruksi, pemerintah daerah dapat menggunakan minimal 2 persen Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH). Itu angka minimal," ujar Bobby.

Namun untuk pasar murah ini, jelas Bobby, Pemko Medan menggunakan lebih dari 5 persen untuk dialokasikan penggunaannya yang ditujukan bagi masyarakat.

"Mudah-mudahan kehadiran pasar murah ini dapat membantu masyarakat," harapnya.

Kepada seluruh camat dan lurah, orang nomor satu di Pemko Medan ini berpesan untuk memastikan bahwa bahan pokok yang ada di pasar murah benar-benar tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkannya.

"Kami paham, upaya yang kami lakukan ini tidak bisa menyelesaikan 100 persen persoalan yang dihadapi. Tapi percayalah, kami hadir untuk mendengar dan membantu masyarakat," sebutnya.

Usai pembukaan, Bobby selanjutnya meninjau stan penjualan bahan pokok yang telah diserbu oleh masyarakat tersebut.

Di tengah antusiasme masyarakat untuk membeli bahan pokok yang tersedia, menantu Presiden Joko Widodo itu juga memberikan secara gratis beras dan gula pasir kepada sejumlah ibu-ibu yang mengaku senang dengan kehadiran pasar murah yang digelar Pemko Medan tersebut.

Di pasar murah yang berlangsung mulai 20-27 September ini, harga bahan pokok yang dijual terbilang murah.

Beras 5 kg dijual dengan harga Rp 47.500, sedangkan harga di pasaran mencapai Rp 58.000-Rp 60.000. Kemudian, gula pasir Rp 12.100/kg  (harga pasar Rp 14.000/kg), telur Rp 33.000/papan sementara harga pasaran Rp 48.000/papan. Begitu juga dengan minyak goreng kemasan sederhana dijual dengan harga Rp 10.500/liter. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya