Daerah Sabtu, 11 Desember 2021 | 18:12

Bobby Nasution Resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Pertama di Sumut

Lihat Foto Bobby Nasution Resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Pertama di Sumut Wali Kota Medan Bobby Nasution menguji coba mobil listrik. (Foto: Opsi/Ist)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Andi Nasution

Medan - Wali Kota Medan Bobby Nasution meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama kalinya di Sumatera Utara (Sumut). Lokasi peresmian dilaksanaka di halaman Kantor PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan, Kamis, 9 Desember 2021 kemarin.

"Kehadiran kendaraan listrik tentunya cukup positif, sebab sangat baik terhadap lingkungan. Kota metropolitan dan maju itu, salah satunya kota yang memikirkan dampak lingkungan," kata Bobby Nasution.

Menurut menantu Presiden Jokowi ini, kehadiran SPKLU adalah bentuk dari terobosan baru di Kota Medan sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia.

Oleh karenanya, Medan harus bisa mengikuti perkembangan zaman dan menjadi yang terdepan. Itu sebabnya Bobby Nasution mengaku sangat mendukung program mobil listrik.

Dia berpandangan, mobil listrik menjadi salah satu upaya menjaga lingkungan dari emisi.

"Kita berharap agar kendaraan di Kota Medan sebisa mungkin menggunakan emisi yang sangat minim dampak lingkungannya," ujar Bobby Nasution.

Suami Kahiyang Ayu ini berharap, kehadiran SPKLU dapat menstimulus masyarakat Kota Medan untuk menggunakan kendaraan listrik. Sebab, selama ini ada keraguan masyarakat untuk membeli kendaraan listrik karena bingung mencari pengisian energi listrik.

Usai meresmikan SPKLU tersebut, orang nomor satu di Pemko Medan ini selanjutnya melihat cara pengisian energi listrik di SPKLU. Setelah itu Bobby pun menguji coba mobil listrik Hyundai Kona dengan mengendarainya langsung.

Di tempat sama, Manager PT PLN UP3 Hariadi Fitrianto menjelaskan, SPKLU ini selesai dibangun November lalu dan sekarang diresmikan untuk mendukung masyarakat pemilik kendaraan listrik.

"Saat ini, ada 10 unit mobil listrik dan sekitar 500 unit motor listrik di Sumut. Dan PT PLN juga akan terus membangun infrastruktur seperti ini (SPKLU) untuk mendukung para pelanggan PLN dan masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik," ucap Hariadi.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya