Daerah Selasa, 08 Agustus 2023 | 09:08

Boyong UMKM Binaan, YKB Nojorono Ramaikan Festival UMKM Merdeka

Lihat Foto Boyong UMKM Binaan, YKB Nojorono Ramaikan Festival UMKM Merdeka Presiden Jokowi saat mengunjungi acara Festival UMKM Merdeka. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Mewujudkan harapan Indonesia sebagai negara maju di tahun 2045, tak dipungkiri memerlukan intensnya hilirisasi industri yang mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Dalam mempersiapkan proses hilirisasi industri yang digadang sebagai kunci dalam mewujudkan Indonesia negara maju tahun 2024, UMKM turut serta menjadi unsur penting dalam menyokong ekonomi nasional.

Digelar secara langsung di Jakarta pada tanggal 28 Juli 2023 hingga 1 Agustus 2023. Festival yang digelar selama lima hari tersebut kerap dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), beserta jajaran Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) selaku penyelenggara acara Festival UMKM Merdeka.

Shinta Kamdani selaku Ketua Umum DPN Apindo, menyampaikan, terselenggaranya Festival UMKM Merdeka memang sejalan dengan salah satu dari empat program prioritas Apindo dalam lima tahun ke depan, yakni pemberdayaan UMKM yang menyerap 97 persen tenaga kerja Indonesia.

"UMKM adalah salah satu dari pilar perekonomian Indonesia, yang tidak saja menyumbangkan 61,9 persen dari total PDB, tetapi juga menyerap 96,9 persen dari tenaga kerja nasional pada tahun 2022," tutur Shinta, dikutip Opsi pada Selasa, 8 Agustus 2023.

Presiden Jokowi saat mengunjungi acara Festival UMKM Merdeka. (Foto: Istimewa)

Sementara T. Sugiyanto selaku CSR Department Head PT Nojorono Tobacco International menuturkan, Festival UMKM Merdeka sejalan dengan itikad Nojorono Kudus dalam mendukung hilirisasi industri menjadi kunci untuk memajukan Indonesia ke arah yang lebih baik.

"YKB Nojorono Kudus turut serta memboyong UMKM binaannya untuk turut hadir meramaikan Festival UMKM Merdeka. Kegiatan hari ini merupakan salah satu bentuk pengaplikasian salah satu visi yang ada di PT Nojorono, yaitu memiliki tanggung jawab sosial dan kesadaran pada ekonomi kreatif," ucapnya.

Dia juga berharap Festival UMKM Merdeka senantiasa menjadi wahana kolaborasi dan inspirasi bagi UMKM binaan YKB Nojorono, seperti UMKM Parijoto dan UMKM Kelor untuk terus berkembang dan berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara maju pada tahun 2045.

Baca juga: Authenticity Ikut Ramaikan Pesta Musik The Sounds Project Vol 6: Heaven of Music

Baca juga: Jelang Festival Project-D, Signature Times Present Kelas Musik Hadir di 3 Kota

"Dukungan dari seluruh lapisan masyarakat diharapkan dalam mencapai tujuan bersama ini. Kami juga berharap, dengan adanya festival ini, hubungan yang terjalin antara pelaku UMKM binaan dengan mitra industri yang mampu membantu mereka dalamm meningkatkan kualitas produk dan mengembangkan ekspansi bisnis," kata T. Sugiyanto. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya