Daerah Jum'at, 04 Maret 2022 | 11:03

BPBD Aceh Besar: Orang Utan Dibius karena Merusak Tanaman Warga

Lihat Foto BPBD Aceh Besar: Orang Utan Dibius karena Merusak Tanaman Warga Orang Utan di Aceh yang hendak dilepasliarkan dibius terlebih dahulu. Foto: Opsi/istimewa.

Aceh Besar - Orang Utan Sumatra atau mawas dievakuasi dengan cara dibius oleh pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) bersama dengan yayasan Ekosistem Lauser Jhantoe Aceh Besar.

Musababnya, primata dilindungi ini dinilai kerap meresahkan warga lantaran merusak tanaman di kebun petani di Desa Blang Mee, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Ridwan Jamil membenarkan pembiusan Orang Utan Sumatra itu menggunakan senapan bius.

Orang Utan di Aceh yang hendak dilepasliarkan dibius terlebih dahulu. Foto: Opsi/istimewa.

"Dievakuasi karena sudah banyak laporan warga tanaman mereka dirusak," kata Ridwan kepada wartawan, Kamis, 3 Maret 2022.

Ridwan melanjutkan, hewan dilindungi ini dilaporkan sudah berada di kebun warga daerah Lhoong sekitar enam bulan terakhir.

Pihaknya menerima laporan ihwal ada bibit kelapa yang ditanam warga dimakan primata itu hingga mati.

"Dan sebab itu juga warga melaporkan. Hewan ini kemudian berhasil dievakuasi dengan dibius. Ketika kondisinya mulai membaik pascadibius, hewan ini dilepas ke habitatnya yang jauh dari permukiman warga," ucapnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya