News Kamis, 19 Mei 2022 | 22:05

BPODT Hadiri Road to G20 Investment Forum, Buka Peluang Investasi Seluas-luasnya di Danau Toba

Lihat Foto BPODT Hadiri Road to G20 Investment Forum, Buka Peluang Investasi Seluas-luasnya di Danau Toba Menteri Investasi Bahlil Lahadalia saat membuka kegiatan Road To G20: Investment forum dengan tema “Mendorong Percepatan Investasi Berkelanjutan Dan Inklusif” yang diselenggarakan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah, Rabu, 18 Mei 2022. (Foto: BPODT)
Editor: Fetra Tumanggor

Surakarta - Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan semangat investasi yang sudah terjadi menunjukkan bahwa adanya pemerataan di seluruh Indonesia.

“Sejak Indonesia merdeka sampai kuartal II 2020, investasi selalu lebih banyak di Pulau Jawa. Tapi sejak kuartal III 2020 sampai 2022, investasi di luar Pulau Jawa mulai melampaui Pulau Jawa. Ini terjadi karena Presiden memerintahkan kami untuk membangun investasi Indonesiasentris. Tidak bisa hanya satu pulau tertentu," kata Bahlil, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Road To G20: Investment Forum dengan tema “Mendorong Percepatan Investasi Berkelanjutan Dan Inklusif” yang diselenggarakan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah, Rabu, 18 Mei 2022.

Sejalan dengan ucapan Bahlil, Kementerian Investasi melalui Direktur Perencanaan Jasa dan Kawasan, Kedeputian Bidang Perencanaan Penanaman Modal, Noor Fuad Fitrianto sangat mendukung percepatan investasi di kawasan otoritatif Danau Toba yang dikelola oleh Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) sebagai kawasan Destinasi Pariwisata Super Perioritas (DPSP).

"Ke depan setiap kegiatan BKPM akan melibatkan BPODT dan akan diberi booth untuk pameran potensi investasi di kawasan Toba Caldera Resort,” ucapnya.

Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BPODT Raja Malem Tarigan yang hadir dalam acara tersebut mengatakan kerja sama instansi pemerintah antara BPODT dengan Kementerian Investasi/BKPM sangat mendukung percepatan investasi berkelanjutan di kawasan Danau Toba.

“BPODT sendiri memiliki 386,72 Ha lahan yang clean and clear dan telah memiliki sertifikat HPL. Kami berharap ada semangat berinventasi ke Danau Toba melalui acara Road To G20 Invesment Forum ini,” ujar Raja.

Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BPODT Raja Malem Tarigan hadir dalam kegiatan Road To G20: Investment forum dengan tema “Mendorong Percepatan Investasi Berkelanjutan Dan Inklusif” yang diselenggarakan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah, Rabu, 18 Mei 2022. (Foto: BPODT)

“Kami membuka peluang investasi seluas-luasnya untuk para investor yang siap bersama-sama membangun kawasan Danau Toba. Zona Otoritatif BPODT, Toba Caldera Resort siap menerima investor yang berinvestasi dalam bentuk pembangunan hotel atau resort, entertainment, MICE, F&B, dan lainnya,” katanya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid, Chair B20 Indonesia Shinta Kamdani, Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, Lead Advices Economic Crisis Institute Of Asean and Est Asia Liliyan Ing, Guru Besar Universitas Sebelas Maret Prof. Dr agus Purwanto, dan Head Of Grand package LG, Energy Solution Indonesia Samuel Chang. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya