Hukum Minggu, 31 Juli 2022 | 14:07

Brigadir Yosua dan Putri Candrawathi Tes PCR Bareng, Ferdy Sambo ke Mana?

Lihat Foto Brigadir Yosua dan Putri Candrawathi Tes PCR Bareng, Ferdy Sambo ke Mana? Irjen Ferdy Sambo. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengungkapkan bahwa Nopryansah Yosua Hutabarat (Brigadir J) bersama Putri Candrawathi, Bharada E serta pembantu rumah tangga melakukan tes usap PCR di rumah pribadi Irjen Polisi Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga sepulangnya dari Magelang.

"PCR itu dilakukan di rumah pribadi bukan di rumah dinas Irjen Polisi Ferdy Sambo," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam di Jakarta, Sabtu, 30 Juli 2022.

Anam mengatakan hal tersebut diketahui berdasarkan rekaman CCTV yang telah dilihat langsung oleh Komnas HAM. Merujuk dari rekaman itu, pihaknya akan mengonfirmasi atau mendalaminya termasuk perihal PCR Ferdy Sambo.

Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Mohammad Choirul Anam. (Foto:Komnas HAM)

Khusus lokasi dan detail PCR Kadiv Propam Polri nonaktif tersebut, Komnas HAM akan mendalaminya ketika memeriksa Irjen Ferdy Sambo. Termasuk mendalami apakah Sambo masuk ke dalam rombongan atau tidak pada saat kejadian.

"Kami memang mendapatkan informasi bahwa Pak Sambo tidak berada pada rombongan tersebut tapi ini masih informasi satu pihak dan akan kami cek," ujarnya.

Komnas HAM, kata dia, akan menggali dari informasi lain, dokumen lain termasuk membandingkannya dengan bukti-bukti lain. Tujuannya, agar peristiwa kematian Brigadir J semakin jelas dan bisa terungkap.

Terkait pemeriksaan atau pengumpulan data siber dan digital forensik, Anam memastikan hal tersebut belum selesai karena lembaga tersebut masih membutuhkan sejumlah data dan informasi.

Komnas HAM juga telah mendapatkan dan melihat langsung rekaman CCTV dan jejaring komunikasi terkait kematian Brigadir J. Namun, beberapa informasi khususnya yang menyangkut nomor telepon keluarga Brigadir J sengaja tidak diungkap ke publik.

"Karena harus ada sistem perlindungan kepada pihak keluarga Yosua," ujar dia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya