News Jum'at, 10 Februari 2023 | 20:02

BSI Kucurkan KUR Rp 3 Triliun, Diyakini Bisa Kembangkan Ekonomi di Aceh

Lihat Foto BSI Kucurkan KUR Rp 3 Triliun, Diyakini Bisa Kembangkan Ekonomi di Aceh Jokowi di Aceh mengunjungi Pasar Batuphat Timur di Lhokseumawe, Jumat, 10 Februari 2023. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Aceh - Bank Syariah Indonesia (BSI) siapkan pembiayaan Rp 14 triliun untuk kredit usaha rakyat atau KUR. Aceh mendapat kucuran Rp 3 triliun.

Presiden Jokowi yakin dengan pembiayaan KUR Rp 3 triliun tersebut bakal memperkuat pertumbuhan ekonomi di provinsi yang dijuluki Serambi Mekah tersebut.

Jokowi hadir dan memberikan sambutan pada Penyerahan KUR 2023 dan Peluncuran Kartu Tani Digital pada Jumat, 10 Februari 2023 di Halaman PT Pupuk Iskandar Muda, Kabupaten Aceh Utara.

“Rp 3 triliun itu akan men-trigger, memperkuat, mengembangkan ekonomi di Aceh,” kata Jokowi.

Disebutnya, secara keseluruhan BSI menyediakan pembiayaan KUR sebesar Rp 14 triliun yang dibagi ke 38 provinsi. Aceh sendiri mendapat Rp 3 triliun.

Baca juga: Airlangga: Relaksasi Kredit UMKM Diusulkan untuk Diperpanjang Sampai April 2024

Jokowi kemudian mengingatkan kepada seluruh penerima KUR untuk berhati-hati dalam menggunakan dan mengelola dana KUR agar jangan sampai terjadi kredit macet.

“Ini saya titip pembiayaan itu harus betul-betul sangat disiplin dan harus setiap bulan kita siapkan untuk angsurannya,” katanya.

Jokowi juga bersaran kepada pengelola dana KUR melakukan pencatatan dalam kegiatan usaha, termasuk pengeluaran, pemasukan, dan keuntungan.

“Meskipun pakai buku sederhana tapi harus tercatat sehingga usaha kita itu kalau dilihat oleh Bank Syariah, ‘ini lho Pak Dirut, ini portofolio saya masa hanya diberi pembiayaan Rp50 juta harusnya ini Rp500 juta, Pak’,” ujarnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya