Daerah Minggu, 05 Mei 2024 | 17:05

Budy Radjamanggala Purba Kandidat Lawan Bupati Petahana di Simalungun

Lihat Foto Budy Radjamanggala Purba Kandidat Lawan Bupati Petahana di Simalungun Ir Budy Radjamanggala Purba. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

SIMALUNGUN - Muncul nama Budy Radjamanggala Purba untuk bertarung di Pilkada Simalungun Tahun 2024.

Radiapoh Hasiholan Sinaga alias RHS yang merupakan bupati petahana, menyambut baik jika kandidat pilkada di Simalungun makin ramai.

Budy merupakan purnawirawan jenderal bintang satu di matra TNI AU. Budi merupakan putra dari Bupati Simalungun pertama Brigjen (Purn) Radjamin Purba.

Untuk memuluskan langkahnya, pria yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Universitas Simalungun tersebut sedang melobi sejumlah partai politik, termasuk Partai Demokrat.

Budy pun sudah mendaftar ke partai itu sebagaimana pengakuan Ketua Tim Penjaringan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun dari Partai Demokrat Pardomuan Nauli Simanjuntak pada 30 April 2024.

Soal dirinya bakal maju ke Pilkada Simalungun, Budy pun membenarkan.

"Benar Lawei," katanya, Senin, 30 April 2024.

Menurut Budy, dirinya sedang melakukan proses komunikasi dengan sejumlah partai politik yang akan menjadi kendaraannya menuju Pilkada Simalungun.

"Masih dalam proses, antara lain Partai Demokrat, Partai Nasdem, beberapa partai lainnya," kata dia saat disinggung soal jalurnya bertarung kelak.

Majunya Budy ke perhelatan Pilkada Simalungun, berdampak pada mundurnya Yan Santoso Purba dari bursa pemilihan.

Padahal, Yan sebelumnya sudah mendaftar ke Partai Demokrat dan PDIP. Belakangan menyatakan mundur setelah Budy juga maju dan mendaftar ke Demokrat.

Yan mengatakan alasan mundur demi mendukung Budy. Yan mengakui sudah mendaftar ke PDIP dan Partai Demokrat.

"Karena saya sudah memutuskan mundur, pada waktunya saya akan permisi kepada pengurus kedua partai politik tersebut," ujarnya.

Yan dengan Budy ternyata adalah saudara dekat. Ayah mereka hubungan abang adik. Keluarga pun kata dia, sepakat Budy didorong dan didukung maju ke Pilkada Simalungun.

BACA JUGA: Harta Kekayaan Radiapoh Hasiholan Sinaga Setelah Menjabat Bupati Simalungun

"Bila keluarga inti kami berdua sudah sepakat, tentu sebagai adik mestilah saya harus mendukung abang saya," ucap Yan, Rabu, 1 Mei 2024.

Sementara itu, Radiapoh Hasiholan Sinaga sebagai bupati petahana yang sudah memastikan kembali maju setelah diusung Partai Golkar dan mendaftar ke sejumlah parpol lainnya, mengaku senang jika semakin banyak kandidat maju dalam Pilkada Simalungun.

"Semakin banyak calon semakin seru lae," jawab RHS disinggung soal Pilkada Simalungun, Kamis, 2 Mei 2024.

Ditanya soal wakilnya siapa, apakah akan tetap bersama Zonny Waldi atau pasangan baru, RHS jawab justru minta pendapat.

"Ada komentar menurut lae. Menurut Lae penilaian publik attar boha do haroa (apa pendapat Anda soal Zonni Waldi)," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya